Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pedagang Kuliner Talao Pauah Dibekali Pelatihan Khusus oleh Pemko Pariaman

26 Oktober 2020 | 26.10.20 WIB Last Updated 2020-10-26T12:56:31Z


Pariaman - Plt Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengajak pedagang kuliner agar selalau menjaga kebersihan dan terus berusaha meningkatkan kualitas dagangannya. Penyedia kuliner mesti berinovasi agar yang ia jual selalu laris dan menyehatkan.

Selain itu, sambung Mardison, penyedia kuliner di destinasi wisata juga harus memastikan kelestarian lingkungan hidup. Pedagang wajib memiliki sanitasi yang baik dan tidak boleh mencemarkan lingkungan sekitar area wisata.

"Menjaga lingkungan juga prioritas karena jika lingkungan dirusak, wisatawan tidak akan berkunjung kembali," kata Mardison Mahyuddin pada puluhan peserta pelatihan peningkatan kualitas pedagang kuliner kawasan wisata Talao Pauah yang digelar di SMK Negeri 2 Pariaman, Senin (26/10).

Mardison mengatakan peningkatan kualitas SDM bagi pedagang kuliner - sebagai salah satu pelaku UMKM - adalah skala prioritas bagi Pemko Pariaman mengingat kompetitifnya persaingan di era globalisasi dan terbukanya persaingan dalam masyarakat ekonomi Asean atau MEA.

"Pengembangan sumber daya manusia masyarakat dan UMKM menjadi salah satu skala prioritas yang secara konsisten terus dilakukan oleh pemerintah dalam mengahadapi persaingan masyarakat ekonomi Asean," sambungnya.

Mardison kembali mengingatkan pedagang agar berjualan dengan harga yang wajar. Jangan mengambil keuntungan instan dengan melambungkan harga jauh diluar kewajaran karena hal tersebut bisa mematikan industri kuliner itu sendiri.

"Jangan ada lagi sampai terdengar pedagang kuliner 'main pakuak'. Main pakuak adalah masa lalu yang harus ditinggalkan. Jika pedagang ingin mendapatkan keuntungan jangka panjang, berjualan dengan jujur dan wajar," tandasnya.

Kepala Dinas Koperindag UMKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan pemerintah perlu membekali pedagang keterampilan tertentu untuk meningkatkan kualitas SDM mereka.

"Hal ini selaras dengan visi misi walikota dalam memajukan pariwisata dengan peningkatan kualitas SDM pelaku UMKM, termasuk pedagang kuliner," kata Gusniyetti Zaunit.

Pelatihan yang diberikan berupa teknik mengemas, memasarkan dan cara mengembangkan usaha agar bisa menembus pasar yang lebih luas. (Desi/OLP)

×
Berita Terbaru Update