Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

FaGe Usung Program 1 Rumah 1 Sarjana Untuk Sumbar

10 September 2020 | 10.9.20 WIB Last Updated 2020-09-10T13:45:30Z


Pariaman - Bakal pasangan calon (Bapaslon) gubernur dan wakil gubernur Sumatra Barat, Fakhrizal-Genius Umar (FaGe) akan mengadopsi program satu rumah satu sarjana (Saga Saja) jika terpilih nanti.

Saga Saja adalah program Pemko Pariaman sejak Genius Umar menjabat walikota Pariaman sejak 2018 lalu. Jika mereka menang, program tersebut akan mencakup seluruh kabupaten/kota di provinsi Sumatra Barat.

"Kota Pariaman sudah mengirimkan pelajar dari keluarga kurang mampu ke berbagai perguruan tinggi. Baik di Sumbar hingga ke pulau Jawa. Ini bentuk kehadiran nyata pemerintah dalam memutus mata rantai kemiskinan melalui pendidikan," ujar Fakhrizal di Padang, Kamis (10/9).

FaGe yang diusung oleh Koalisi Poros Baru Golkar-Nasdem-PKB itu meyakini pendidikan selain mencetak sumber daya manusia unggul juga resep ampuh dalam upaya pengentasan kemiskinan di Sumatra Barat.

"Saga Saja visi misi utama FaGe. Dengan pendidikan angka kemiskinan kita turunkan. Jika di satu rumah tangga ada anaknya sarjana, pasti si anak akan banting tulang dan memutar otak bagaimana agar keluarganya keluar dari garis kemiskinan," sebutnya.

Sementara bakal calon wakil Gubernur Sumbar, Genius Umar mengatakan, program Saga Saja merupakan prioritas FaGe dalam mewujudkan pemerataan pendidikan tinggi di Sumatra Barat. Pihaknya akan menguliahkan anak dari keluarga kurang mampu melalui pendidikan vokasi agar setelah lulus bisa langsung bekerja atau membuka usaha sendiri.

"Saga Saja tidak hanya kuliah gratis tapi juga memberikan uang saku setiap bulannya. Tugas mahasiswa hanya belajar, selesaikan kuliah, bekerja dan lepaskan keluarga dari kemiskinan," kata Genius.

Genius mengatakan pihaknya siap kontrak sosial dengan masyarakat terkait program tersebut dan debat terbuka di berbagai forum bagaimana program Saga Saja telah berhasil diaplikasikan di kota Pariaman. (Tim)
×
Berita Terbaru Update