Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bagikan Bibit Sayur dan Pupuk, Genius: Emak-emak Garda Terdepan Ketahanan Pangan

17 September 2020 | 17.9.20 WIB Last Updated 2020-09-17T12:47:03Z


Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar bagikan bibit sayur kepada kelompok tani wanita (KWT) kota Pariaman guna meningkatkan ketahanan pangan keluarga di tengah pandemi corona, Kamis (17/9).

Ada 8 paket jenis bibit sayur yang diberikan kepada 62 KWT. Di antaranya bibit kacang panjang, cabai rawit, terong, tomat, jagung manis, kangkung, bayam dan cabai keriting. Selanjutnya ditambah bibit tauge dan jahe merah yang masing-masingnya menerima 15 kg.

Di samping itu Genius juga memberikan bantuan alat tanam dan pupuk berupa 60 unit pot, 31 kg pupuk jenis NPK, 201 kg pupuk organik, 1,5 gulung waring net dan 32 kg polybag.

"Di masa pandemi Covid-19 yang masih belum berakhir, kita perlu tingkatkan ketahanan pangan. Dengan keterbatasan masyarakat kita berikan bantuan yang bermanfaat," ujar Genius.

Meski di masa pandemi, Genius mengimbau agar warga Pariaman tidak larut dalam situasi. Tetap aktif dan produktif dengan melakukan adaptasi.

"Kita tidak boleh larut dengan situasi yang ada dan harus selalu tetap aktif dan produktif," sambungnya.

Genius mengatakan bibit yang diberikannya itu selain menunjang ketahanan pangan keluarga juga membawa manfaat untuk tubuh. Seperti jahe merah yang sudah terbukti bisa meningkatkan daya tahan tubuh yang amat berguna di masa pandemi.

"3 sampai 6 bulan ke depan, tanaman ini sudah bisa dipanen dan menjadi konsumsi untuk KWT dan para anggotanya," ujarnya.

Genius meminta KWT agar meningkatkan pemanfaatan lahan pekarangan rumah untuk ditanami berbagai jenis vegetasi produktif. Lahan terlantar dan lahan tidur juga bisa dimanfaatkan untuk berkebun sayur dan jenis tanaman produktif lainnya.

Genius percaya jika kalangan emak-emak bergerak, tidak akan ada lagi lahan kosong terlantar di kota Pariaman.

"KWT dan emak-emak adalah garda terdepan ketahanan pangan bagi keluarga dan daerah," pungkasnya. (Junaidi/*)

×
Berita Terbaru Update