Pantau Kesehatan Masyarakat di Masa Pandemi, Puskesmas di Pariaman Dibekali Pusling

Syahrul serahkan kunci sepeda motor Pusling kepada salah seorang kepala puskesmas. Foto: Desi
Pariaman - Dinas Kesehatan Kota Pariaman bagikan 21 unit sepeda motor untuk 7 puskesmas yang ada di kota Pariaman. Masing-masing puskesmas mendapatkan 3 unit sepeda motor untuk puskesmas keliling (Pusling).

Sepeda motor merk Yamaha tersebut diserahkan kepala Dinas Kesehatan Syahrul secara simbolis kepada kepala puskesmas masing-masing, Kamis lalu (27/8).

Syahrul mengatakan sudah 10 tahun dinas kesehatan belum mendapatkan bantuan dana alokasi khusus untuk puskesmas keliling. Baru tahun ini bantuan tersebut terwujud.

"Kendaraan ini diperuntukan bagi tujuh puskesmas guna mempermudah operasional kegiatan di puskesmas,” kata Syahrul.

Dengan adanya sepeda motor tersebut, imbuh Syahrul, akan mempermudah tugas tenaga medis dalam melayani kesehatan masyarakat, apalagi di masa pandemi Covid-19.

"Dan memperlancar aktivitas petugas kesehatan memberikan layanan kepada masyarakat yang lokasi tempat tinggal mereka sulit dijangkau dengan kendaraan roda empat," ungkapnya.

Di masa pandemi, ujar Syahrul, pelayanan kesehatan keliling sangat dibutuhkan secara cepat. Petugas medis dapat juga memantau kesehatan masyarakat dengan berkeliling desa hingga ke pelosok dusun.

“Layani pasien sebaik-baiknya tanpa membedakan status ekonomi mereka," pungkasnya. (Desi)