Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kukuhkan PDB, Menteri Desa: Pariaman Buktikan Desa Garda Utama Pembangunan

24 Juli 2020 | 24.7.20 WIB Last Updated 2020-07-24T14:08:58Z
Foto: Desi
Pariaman - Menteri Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi Republik Indonesia, Abdul Halim Iskandar penuhi janjinya mengunjungi kota Pariaman setelah sebelumnya berkirim surat apresiasi ke walikota Pariaman terkait suksesnya penyaluran BLT Corona.

Kedatangan Abdul Halim Iskandar ke Pariaman sekaligus mengukuhkan 43 tenaga pendamping desa berdikari (PDB) yang satu-satunya di Tanah Air.

"Meskipun diminta pak walikota pengukuhan secara virtual namun saya putuskan kukuhkan langsung karena melihat PDB adalah terobosan luar biasa," kata dia di Pariaman, Jumat (24/7).

PDB menurut dia penting dibentuk di setiap desa di Indonesia yang berjumlah 74.943 desa dengan satu orang pendamping per desa.

"Namun APBN belum mampu memenuhinya dan kota Pariaman satu-satunya yang melakukannya. Ini perlu dicontoh oleh kota dan kabupaten lainnya di Indonesia," sebutnya.

Menteri menegaskan bahwa desa adalah garda terdepan pembangunan segala bidang dan pendapat tersebut dibuktikan Pariaman dengan inovasi membentuk PDB.

"Bekerjalah sebaik mungkin sebagai PDB karena tugas utama dan pertama dari pendamping desa itu sendiri adalah menjadi mata hati dan tangan dari walikota," kata dia.

Tugas pendamping desa, lanjut dia adalah membaca, melihat, memaknai, dan melaporkan kepada walikota segala dinamika yang ada di desa agar walikota bisa mengambil kebijakan dalam pembangunan apapun berdasarkan data yang valid dari desa itu sendiri. (Desi)
×
Berita Terbaru Update