Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Kajari Pariaman: Kasus Cabul Terhadap Anak Meningkat Tiap Tahun

23 Juli 2020 | 23.7.20 WIB Last Updated 2020-07-23T13:54:52Z
Foto: Nanda
Pariaman - Kepala Kejaksaan Negeri (Kajari) Pariaman berupaya menekan terjadinya perbuatan kejahatan terhadap anak bawah umur di wilayah kerja Kejari Pariaman.

Kajari Pariaman, Azman Tanjung, mengungkapkan pihaknya saat ini menangani sekitar 50 perkara perbuatan cabul terhadap anak setiap tahun, bahkan beberapa tahun terakhir cenderung meningkat.

"Sekitar 50 perkara setiap tahun perkara perbuatan cabul terhadap anak yang kita proses. Dengan momen ini, salah satunya kami fokus untuk cegah tangkal terjadinya kejahatan tersebut," katanya di Pariaman, Kamis (23/7).

Azman mengatakan upaya menekan tindak kejahatan itu diupayakan dengan memberikan penyuluhan hukum kepada masyarakat sehingga tercipta masyarakat sadar hukum dan tidak melakukan tindakan tersebut.

"Kedua, fungsi penegakan hukum, kita melakukan penuntutan hukuman maksimal kepada para pelaku kejahatan terhadap anak," lanjutnya.

Menurut Azman, akibat perbuatan itu terhadap anak tidak hanya menimbulkan trauma mendalam, masa depan korban juga menjadi tidak jelas.

"Kebanyakan korban adalah anak cerdas. Karena malu dan trauma mereka banyak putus sekolah, sehingga cita-citanya terhenti," imbuhnya.

Azman berharap dukungan dari Pemda setempat dan organisasi kemasyarakatan untuk mencegah dan menangkap tindakan perbuatan cabul terhadap anak. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update