Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

HUT Pariaman Ke-18: Genius Goro dan Tanam 500 Pohon Pelindung di Talao Pauah

2 Juli 2020 | 2.7.20 WIB Last Updated 2020-07-02T14:00:38Z
Foto: Erwin
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar beserta jajarannya kembali lakukan gotong-royong di kawasan wisata Talao Pauah - water front citynya Pariaman - yang merupakan rangkaian peringati hari jadi Kota Pariaman ke-18, Kamis (2/7).

Pada kesempatan itu Genius juga menanam 500 pohon pelindung jenis Ketapang di telaga yang menurut para Youtuber berkunjung ke sana sebagai destinasi wisata paling eksotis di Sumatra Barat karena jarak telaga dan bibir pantai tidak sampai 50 meter sehingga wisatawan menikmati dua destinasi sekaligus.

Genius Umar mengatakan kawasan wisata Talao Pauah salah satu destinasi wisata baru di Pariaman yang dibangun dari dana Kementerian PUPR pada 2019 lalu dengan konsep water frot city yang berkembang cepat.

"Sektor wisata mempunyai daya ungkit ke sektor lainnya. Keberadaan Talao Pauah telah mampu menumbuhkan ekonomi bagi masyarakat sekitar," kata Genius Umar.

Masyarakat sekitar Talao Pauah mayoritas para nelayan. Jika sebelumnya para istri berdiam diri di rumah sembari menunggu suami pulang melalut, sejak adanya objek wisata Talao Pauah, mereka bisa jualan kuliner dan membuka usaha jasa seperti penyewaan wahana air dan bendi wisata.

"Pengunjung banyak ke sini terutama Sabtu dan Minggu serta hari libur nasional. Kunjungan tersebut telah mendongkrak jumlah kunjungan wisatawan ke Pariaman," sambung jebolan S3 bidang Ilmu Kebijakan Publik dari IPB tersebut.

Alumni STPDN kelahiran 1972 itu mengatakan pihaknya saat ini terus melakukan pembibingan kepada pelaku wisata di kawasan Talao Pauah agar menjadi komunitas yang sadar wisata.

Sedangkan untuk kebersihan dan manajemen pariwisata saat ini dikelola oleh Dinas Perkim LH dan Dinas Pariwisata sembari memberdayakan masyarakat setempat.

"Untuk aspek keamanan dijaga oleh Satpol PP. Kita juga telah membentuk satu posko utama di kawasan ini agar siang dan malam dijaga, sehingga dari sisi keamanan dan kenyamanan pengunjung bisa kita perhatikan," terang Genius.

Saat ini, sambung Genius pihaknya juga menyebar bibit ikan di Talao Pauah yang ke depannya akan dijadikan atraksi wisata baru di kawasan tersebut.

"Seperti memberi makan ikan. Baik oleh pengunjung maupun masyarakat sekitar," sebutnya.

Genius berharap agar masyarakat dan pelaku wisata dengan kesadaran sendiri menjaga kebersihan di sekitar Talao Pauah, serta merawat vegetasi (tumbuhan dan pepohonan) sekitar telaga agar tetap hijau dan asri. (Erwin/OLP)
×
Berita Terbaru Update