Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkat Kehamilan Selama PSBB di Pariaman Naik 8 Persen

29 Juni 2020 | 29.6.20 WIB Last Updated 2020-06-29T11:13:46Z
Foto: Rika
Pariaman - Selama pandemi Covid-19 terjadi penambahan tingkat kehamilan hingga 8 persen di kota Pariaman, sedangkan secara nasional, meningkat sampai 17 persen. Kenaikan angka kehamilan di kota Pariaman terutama di masa pemberlakuan PSBB.

"Persentase tersebut cukup banyak jika dihintung secara nasional per 269 juta penduduk," kata Walikota Pariaman Genius Umar saat membuka pelayanan KB serentak sejuta aseptor dalam rangka Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-27 di Pariaman, Senin (29/6).

Peningkatan kehamilan, kata Genius, akan berdampak pada ekonomi keluarga dan kesehatan ibu dan janin yang ia kandung. Jika seorang ibu hamil kekurangan gizi, maka bayi yang akan dilahirkan berpotensi stunting.

Oleh karena itu pihaknya mengambil kebijakan memberikan pendampingan bidan desa guna melakukan cek rutin pada ibu hamil sekaligus anak dalam kandungan.

"Kita beri makanan tambahan hingga pasca melahirkan," sambung Genius.

Pemko Pariaman sendiri saat ini mendapat bagian 178 aseptor dari satu juta aseptor nasional di Harganas 2020.

"178 aseptor untuk semua jenis kontrasepsi dan semua jenis layanan KB," imbuh Genius.

Tapi pada kenyataannya, kesadaran masyarakat untuk KB melebihi target yang diberikan kepada kota Pariaman. Saat ini pihaknya tetap melayani kelebihan aseptor tersebut dan menganggapnya sebagai surplus aseptor.
×
Berita Terbaru Update