Jelang Penutupan, 1.443 Siswa Mendaftar Online di 9 SMP Negeri Pariaman

Foto: Junaidi
Pariaman - Pendaftaran peserta didik baru (PPDB) SMP Negrei melalui aplikasi Sipintar Masuk Sekolah kota Pariaman akan ditutup pada pukul 00.00 WIB atau dini hari nanti, Selasa (30/6).

"Kita buka pendaftaran online melalui aplikasi Sipintar Masuk Sekolah sejak 11 Mei lalu dan berakhir dini hari nanti," kata kepala dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga Kota Pariaman, Kanderi di Pariaman.

Pelaksanaan PPDB melalui daring, sambung Kanderi guna menghindari kerumunan siswa saat mendaftar sesuai dengan protokol standar pencegahan penularan Covid-19.

Dari awal pembukaan pendaftaran secara daring tidak ada kendala berarti pada sistem PPDB, bahkan hingga rentang waktu dua bulan lamanya pendaftaran dibuka.

“Kami sengaja membuka pendaftaran hampir dua bulan guna meminimalisir permasalahan pada sistem PPDB. Selain itu juga mengingat suasana pandemi agar masyarakat lebih tenang saat mendaftarkan anaknya masuk SMP melalui daring dalam waktu yang panjang,” tuturnya.

Kepala Bidang Pendidikan Dasar Dinas Dikpora Kota Pariaman, Yurnal mengatakan jumlah siswa yang mendaftar SMP sebanyak 1.443 orang pada sembilan SMP negeri yang ada di Kota Pariaman.

Setelah tahapan pendaftaran PPDB SMP selesai, terang Yurnal, pada 2 Juli 2020 pihaknya akan menumumkan siswa yang lulus pada SMP yang telah dipilihnya.

Selanjutnya 3 hingga 7 Juli dilaksanakan pendaftaran ulang dan 8-9 Juli pendaftaran ulang bagi siswa cadangan.

"Dan 10 sampai 11 Juli akan diumumkan penetapan peserta didik yang diterima," kata Yurnal.

Semua proses PPDB SMP Negeri di Kota Pariaman mulai dari pendaftaran, pengumuman, daftar ulang dan penetapan peserta didik baru, dapat dilihat di website ppdb.pariamankota.go.id. (Junaidi/OLP)