Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Puji Pembangunan Talud Desa Padang Cakua yang Swakelola

22 Juni 2020 | 22.6.20 WIB Last Updated 2020-06-22T14:41:26Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar puji Desa Padang Cakua di Pariaman Selatan yang membangun Taman Milik Desa (Talud) dengan sistem swakelola.

"Dengan sistem swakelola manfaatnya langsung dirasakan masyarakat," kata Genius usai peletakan batu pertama Talud di desa tersebut, Senin (22/6).

Ia menyebut pembangunan Talud itu merupakan program swakelola pertama di kota Pariaman sejak wabah coronavirus. Berbagai aktivitas ekonomi di kota Pariaman kembali dibuka sejak 8 Juni 2020 karena Pariaman mulai memasuki tatanan normal baru.

Desa Padang Cakua, menurut Genius merupakan desa pertanian yang masih asri. Ia mendorong kepala desa setempat untuk memaksimalkan potensi wisata desanya dengan wisata agro.

"Potensinya cukup besar menjadi desa agro wisata karena ditunjang dengan tanahnya yang subur dan lingkungan yang masih asri," tutur Genius.

Kepala Desa Padang Cakua, Ramadhani mengatakan pihaknya menganggarkan dari APBDes Rp 124,8 juta untuk pembangunan Talud yang pengerjaannya swakelola.

"Sebelumnya (Covid-19) kita mengganggarkan Rp 154 juta. Karena adanya pandemi kita pangkas jadi Rp 124 juta," kata dia.

Talud Desa Padang Cakua akan memiliki panjang 84,5 meter dan lebar 3 meter. Talud tersebut tepat berada di depan kantor desa persis di jalan utama yang dilewati oleh kendaraan bermotor.

Pembangunan Talud menurutnya atas keinginan masyarakat dan telah diputuskan melalui musyawarah dengan BPD setempat.

"Pembangunan Talud merupakan kegiatan pertama desa kami pasca Covid-19," tandasnya. (Junaidi/OLP)
×
Berita Terbaru Update