Warga Pariaman Sembuh Corona, Pariaman Zero Kasus

ilustrasi/istimewa/internet
Pariaman - Pasien positif Covid-19 asal kota Pariaman dinyatakan sembuh setelah dua kali lakukan uji swab oleh Labor FK Unand. Pasien asal Desa Mangguang Pariaman Utara itu sebelumnya menjalani karantina di Balkes Sumbar di Padang.

Dalam surat keterangan tertulis yang diterima redaksi menyatakan, pasien yang bekerja di RSUD Pariaman itu, menjalani karantina khusus positif corona di Balkes Sumbar sejak 14 hingga 24 April.

"Usai menjalani tes swab (pengambilan cara diusap pada lendir antara hidung dan tenggorokan) selama dua kali, hasilnya negatif. Sesuai SOP pasien dinyatakan sembuh Covid-19 dan kemudian juga diwajibkan menjalani isolasi mandiri selama tiga hari di rumahnya," ujar dr. Doni Andika di Balkes Sumbar Padang, Senin (27/4).

Kepala Dinas Kesehatan Kota Pariaman, Syahrul menegaskan pasien saat ini sudah dinyatakan sembuh total dari Covid-19 karena juga telah menjalani isolasi mandiri selama tiga hari di rumahnya. Ia dinyatakan sembuh pada 24 April lalu, tiga hari dari sekarang.

“Hari ini masa karantinanya berakhir. Pasien merupakan kategori orang tanpa gejala (OTG). Saat pasien menjalani isolasi di Balkes Sumbar kondisinya tetap stabil begitu pula saat dinyatakan sembuh. Pasien tersebut kita nyatakan sembuh,” tegasnya.

Dengan sembuhnya satu pasien positif corona, maka saat ini kota Pariaman dinyatakan zero kasus positif Covid-19.

Syahrul mengatakan sebelumnya pihaknya telah menguji puluhan orang yang sempat berhubungan atau kontak langsung dengan pasien. Seluruh orang yang diuji tersebut juga negatif Covid-19.

"Semua hasilnya negatif. Meski demikian bukan berarti kita lengah dan abaikan pembatasan sosial berskala besar (PSBB). Kita berharap masyarakat tidak lengah dan tetap menjalankan anjuran protokol PSBB," tandasnya. (Juned/OLP)