Isolasi Mandiri, Positif Corona Padangpariaman Sehat Tanpa Gejala

Foto: AWT
Parit Malintang - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni sampaikan kondisi terkini penanganan Pandemi Covid-19 di kabupaten Padangpariaman melalui video teleconference dengan berbagai media massa, Rabu (1/4).

Ali Mukhni menyampaikan saat ini sekitar 35 orang dalam pantauan (ODP) dan pasien dalam pengawasan (PDP) 1 orang dan satu orang positif Covid-19.

Untuk satu orang yang positif corona, menurut Ali Mukhni tidak dirawat karena tidak mengalami gejala. Pasien saat ini sedang melakukan isolasi diri selama 14 hari sesuai dengan protokol dari WHO.

"Pasien positif corona dalam keadaan sehat. Meski demikian dinas kesehatan akan lakukan cek rutin dan melakukan pengawasan," kata Ali Mukhni.

Ali Mukhni mengimbau kepada seluruh walinagari dan walikorong agar sosialisasikan pola hidup sehat kepada masyarakat untuk cegah corona. Seperti cuci tangan pakai sabun, konsumsi asupan bergizi, mengimbau masyarakat tenang dan melakukan perlindungan sosial terhadap warganya yang ODP dan PDP. Masyarakat yang ODP harap melakukan isolasi mandiri selama 14 hari.

Ali Mukhni juga mengaku telah mengimbau seluruh PKDP seluruh Indonesia agar menunda dulu pulang kampung guna meminimalisir penyebaran Covid-19.

Langkah-langkah lainnya yang telah dilakukan Ali Mukhni di antaranya melakukan desinfektan pada sejumlah fasilitas umum dan perkantoran, melakukan thermo test bagi pendatang hingga penyuluhan ke masyarakat bersama Forkopimda.

Pihaknya juga telah meliburkan sekolah-sekolah dan beberapa ASN telah melakukan kerja dari rumah atau work from home.

Selain ikhtiar dalam upaya mencegah dampak Pandemi Covid-19, Ali Mukhni mengajak masyarakat terus berdoa agar wabah corona cepat berlalu.

"Untuk menghindari keramaian,
masyarakat juga diminta agar tidak mengadakan pesta pernikahan, pengajian dan pesta rakyat yang dapat menimbulkan berkumpulnya orang banyak," pungkasnya. (Tim/OLP)