Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Tingkatkan Kesiapsiagaan, Genius Kunjungi 'Laboratorium Bencana'

7 Maret 2020 | 7.3.20 WIB Last Updated 2020-03-07T01:13:27Z
Foto: Hendri
Malang - Walikota Pariaman bersama Kapolres dan Kajari Pariaman beserta Kodim 0308 Pariaman tinjau proses pembentukan daerah tangguh bencana di Kabupaten Malang, Jawa Timur (6/3).

Walikota Genius Umar mengatakan kebersamaannya dengan Forkopimda agar memberikan pemahaman yang sama untuk meningkatkan koordinasi kesiapsiagaan bencana di kota Pariaman.

Kunjungan yang diterima oleh Sekdakab Malang, Didik Mulyono, itu Genius menyampaikan lawatan tersebut merupakan bagian dari persiapan Pariaman yang ditunjuk sebagai pusat Hari Kesiapsiagaan Nasional pada April 2020 mendatang.

"Pariaman merupakan daerah jalur merah di sisi barat pantai Sumatera yang rawan gempa dan tsunami. Karena gempa dan tsunami tidak bisa diprediksi dan dipindahkan, kami wajib membangun kewaspadaan dan kesiapsiagaan kepada segenap warga Pariaman," ungkap Genius.

Genius bertekad menjadikan Pariaman sebagai daerah tangguh bencana. Oleh sebab itu ia tak sungkan belajar ke Pemkab Malang membawa serta Forkopimda dalam mewujudkan rencananya tersebut.

Sekdakab Malang, Didik Mulyono menyebut kabupaten Malang adalah daerah yang sepanjang tahun berpotensi terjadi bencana. Potensi tersebut beragam. Mulai dari angin kencang, gempa, letusan gunung berapi, banjir, longsor, dan bahkan tsunami.

"Kabupaten Malang adalah supermarket bencana," kata Didik.

Ia mengistilahkan kabupaten Malang sebagai daerah laboratorium bencana agar sebutan supermarket bencana tersebut tidak membuat ketakutan warga Malang.

Kabupaten Malang, kata dia telah banyak melakukan upaya dan membuat kebijajan mitigasi bencana. Kunci dari kesiapsiagaan bencana, sebut Didik, adalah adanya kebersamaan dan memahami tugas masing-masing terhadap kesiapsiagaan bencana. (Hendri/Juned/*)
×
Berita Terbaru Update