Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Prioritaskan Pendidikan, Rektor UNP Puji Genius Umar

14 Maret 2020 | 14.3.20 WIB Last Updated 2020-03-14T13:27:42Z
Foto: istimewa
Pariaman - Rektor UNP Profesor Ganefri memuji program 'satu keluarga satu sarjana' yang dijalankan walikota Pariaman Genius Umar sejak ia mulai menjabat walikota pada 2018 silam.

Program tersebut menurutnya mampu memotivasi pelajar dari keluarga kurang mampu agar terus melanjutkan sekolah ke pendidikan tinggi.

"Ini upaya tepat dari pemerintah daerah guna meningkatkan angka lama pendidikan dan nantinya akan meningkatkan kesejahteraan masyarakatnya," kata Ganefri pada wisuda program doktor, magister, profesi, sarjana dan diploma periode 118 di Auditorium UNP, Padang, Sabtu (14/3).

Ia menyebut tidak banyak daerah yang membuat terobosan di bidang pendidikan dengan memberikan beasiswa dari APBD. Program tersebut akan meningkatkan daya saing generasi muda Pariaman.

"Selain itu, walikota Genius Umar juga punya jaringan dan relasi kuat di tingkat pusat sehingga banyak program pemerintah pusat di bawa ke Pariaman. Pariaman berubah pesat di bawah kepemimpinan Genius," pungkas Ganefri.

Walikota Pariaman Genius Umar yang diundang khusus pada acara tersebut sempat menyampaikan orasi ilmiahnya. Mantan dosen terbang itu menyebut hanya pendidikan yang bisa memutus mata rantai kemiskinan.

"Kemiskinan tidak akan bisa kita rubah apabila tingkat pendidikan di keluarga mereka selalu rendah," kata Genius.

Dengan menguliahkan anak Pariaman dari keluarga tidak mampu ke kampus-kampus vokasi, setelah lulus bisa masuk dunia kerja. Hal itu secara tidak langsung mengangkat taraf kesejahteraan keluarga mereka.

Guna meningkatkan kualitas pembangunan di daerah yang dipimpinnya, menurutnya pendidikan mesti jadi prioritas. Selain program satu keluarga satu sarjana, pihaknya juga menyediakan bus sekolah gratis, wajib belajar 12 tahun hingga peningkatan kapasitas guru PAUD dan peningkatan kesejahteraan guru honorer.

"Pemko Pariaman hingga saat ini telah bekerjasama dengan 11 universitas untuk program satu keluarga satu sarjana," ungkap Genius.

Kampus yang telah bekerjasama dengan Pemko Pariaman untuk program satu keluarga satu sarjana adalah UI, ITB, UNP, Batam Tourism Politeknik, Universitas Dharma Andalas, PNP, Poltekpel Sumbar, Politeknik ATI Padang, Poltekpel Kelautan dan Perikanan, IAI Sumbar dan STIE Sumbar. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update