Patut Dicontoh Desa Lainnya, Desa Rambai Bagikan 1 Botol Desinfektan per KK

Foto: Fadli
Pariaman - Pemerintah Desa Rambai, Kecamatan Pariaman Selatan bagikan 1 botol cairan desinfektan per 1 keluarga di desa itu, Jumat (27/3). Hal itu dilakukan desa tersebut untuk langkah antisipasi komunal Covid-19 di desa mereka.

"Agar masing-masing keluarga bisa lakukan desinfektan mandiri di rumahnya masing-masing. Kemudian kami juga lakukan desinfektan di sejumlah fasilitas umum lingkup Desa Rambai," ungkap Kepala Desa Rambai, Arif Fuady.

Pihak desa, kata dia juga bersinergi dengan Puskesmas Kuraitaji dalam melakukan penyemprotan desinfektan. Sedangkan desinfektan sendiri diracik oleh Bidan Delima Desa Rambai. Seluruh bahan-bahannya dibeli dengan menggunakan dana desa.

Dalam melakukan penyemprotan desinfektan, pihak desa memberdayakan segenap sumber daya yang ada. Mulai dari pemuda, perangkat desa, LPM dan unsur lainnya di desa tersebut.

Upik, 30, warga desa setempat memuji langkah proaktif yang dilakukan pihak desa di tengah wabah Covid-19. Pihak desa menurut dia memahami kekhawatiran masyarakat akan kurangnya sarana penunjang untuk pencegahan Covid-19 di tingkat komunal.

Ia bilang cairan desinfektan pemberian desa akan disemprotkan di rumahnya di area yang sering bersentuhan dengan tangan seperti gagang pintu, meja dan perabotan lainnya.

"Begitu kami terima, langsung akan disemprotkan setiba di rumah," kata Upik. (Fadli/OLP)