Kunjungi Pasar Bukittinggi, Genius Diserbu Emak-emak Minta Selfie

Genius Umar saat kunjungi Pasar Atas Bukittinggi. Foto: istimewa
Bukittingi - Walikota Pariaman Genius Umar nikmati nasi kapau sekaligus silaturahmi dengan pedagang pasar di Bukittinggi usai mengikuti Fun Bike Adventure Gowes Exploring Ngarai Sianok, Minggu (1/3).

Kedatangan orang nomor satu di Pariaman itu bikin heboh pedagang pasar. Sebelumnya mereka yang hanya melihat sosok Genius dari berbagai pemberitaan media, kini bertatap muka langsung. Tak ayal, para emak-emak - baik pedagang dan pengunjung pasar - tak menyia-nyiakan berswafoto dengan suami dr Lucy itu.


Genius Umar jadi pusat perhatian saat mengikuti Fun Bike Adventure Gowes Exploring Ngarai Sianok
Pada kesempatan itu Genius Umar mengatakan, perekonomian khususnya di pasar tradisional cukup baik. Pasar sebagai pusat transaksi di Bukittinggi, bukti nyata gerakan ekonomi rakyat sebagai penopang ekonomi sektor riil.

"Pedagang pasar adalah pahlawan ekonomi Sumatera Barat karena telah menyumbang prosentase pertumbuhan ekonomi cukup tinggi di Sumatera Barat," ungkap Genius.

Selain pusat perdagangan di Sumbar, kata Genius, Bukittinggi juga kota wisata yang telah lama berkembang. Bukittinggi sudah dikenal hingga ke manca negara. Dari sisi perdagangan, Bukittinggi dikenal sebagai Tanah Abang-nya Sumatera. Transaksi di pusat grosir Aur Kuning tidak hanya dari seluruh penjuru Sumbar, tapi juga dari berbagai provinsi lainnya hingga negara tetangga.

Pasar Atas Bukittinggi, kata Genius, saat ini sedang dibangun sebagaimana Pasar Pariaman. Kedua pasar itu bersumber dari bantuan APBN.

"Sebentar lagi pasar baru ini siap beroperasi di kota Bukittinggi sedangkan di Pariaman pembangunan sedang dalam tahan pengerjaan," ujarnya.

Pasar Atas Bukittinggi, sambung Genius dibangun seindah mungkin mengingat Bukittinggi merupakan kota wisata. PDRB di Bukittinggi, sebut Genius, juga termasuk yang tertinggi di Sumatera Barat.

Sebelumnya Genius hadir di Bukittinggi guna mengikuti Bukittinggi Fun Adventure RCT/HHT 2020 Gowes Exploring Ngarai Sianok. Start dimulai dari Jam Gadang Bukittinggi dan finish di Ngarai Sianok.

Iven tersebut diikuti 189 komunitas dan 1500 lebih pesepeda dari berbagai daerah di Sumatera Barat dan provinsi lainnya.

Genius Umar juga telah mengagendakan Tour de Pariaman dan akan mengundang peserta pada iven itu ikut mengikuti iven sport tourism yang akan digelar pedana di Pariaman.

"Bulan depan kita akan gelar Tour de Pariaman. Atas nama pribadi dan pemerintah daerah, kami  mengundang seluruh peserta hari ini untuk ikut serta dalam acara tersebut," ujar Genius. (Juned/OLP)