Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

BBI Padangpariaman Tebar 1,2 juta Bibit Ikan ke 13 Sungai per Tahun

12 Maret 2020 | 12.3.20 WIB Last Updated 2020-03-12T14:27:13Z
Bupati Ali Mukhni didampingi Kabag Humas Anton Wira Tanjung luncurkan Sosis Gemar Ikan di BBI Lubuk Alung. Foto: istimewa
Lubuk Alung - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni ajak masyarakat gemar makan ikan. Hal itu ia sampaikan saat luncurkan inovasi Sosis Gemarikan sekaligus panen benih ikan bersama 50 pelajar sekolah dasar di Balai Benih Ikan (BBI) Padangpariaman di Lubuk Alung, Kamis (12/3).

Ali Mukhni mengatakan pentingnya asupan protein yang terkandung dalam ikan untuk pertumbuhan otak pada anak. Kepada para guru sekolah dasar yang hadir pada kesempatan itu, ia mengimbau agar mensosialisasikan hal tersebut kepada pelajar dan wali murid.

Imbauan tersebut juga akan disebarkan dalam bentuk surat edaran bupati kepada seluruh sekolah-sekolah yang ada di Padangpariaman.

"Dengan mengonsumsi ikan setiap harinya kelak akan melahirkan generasi Padangpariaman yang cerdas dan berkualitas," kata dia.


Selain itu, imbuh bupati dua periode tersebut, dengan banyaknya konsumsi ikan di Padangpariaman akan menguntungkan bagi para nelayan dan penambak ikan yang pada akhirnya ikut meningkatkan ekonomi Padangpariaman.

Sekretaris Dinas Perikanan Kabupaten Padangpariaman Alfian menyebut BBI Lubuk Alung memproduksi benih ikan hingga 2 juta ekor per tahun.

"1 juta ekor benih nila, 600 ribu ekor benih ikan mas dan 400 ribu benih ikan gurami," kata dia.

Benih ikan yang diproduksi BBI, kata Alfian, 60 persen di antaranya diserahkan kepada masyarakat dalam program bernama Restocking. Program itu akan menebar benih ikan ke 13 sungai - lubuk larangan - di seluruh kabupaten Padangpariaman.

"Sedangkan 40 persennya lagi menjadi PAD Pemda hingga Rp 150 juta per tahun," tuturnya.

Kepala BBI Lubuk Alung, Taslim mengatakan, disamping memproduksi ikan, BBI juga memperkenalkan BBI sebagai tempat transfer ilmu teknis budidaya ikan bagi masyarakat dan siswa SMK perikanan. Tak jarang BBI juga dikunjungi oleh wisatawan yang ingin edukasi pembenihan ikan. (Tim/OLP)

×
Berita Terbaru Update