Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Alumni SMP 1 Pariaman Gelar APC Berhadiah Jutaan

8 Maret 2020 | 8.3.20 WIB Last Updated 2020-03-08T03:01:57Z
Foto: istimewa
Pariaman - Alumni SMP Negeri 1 Pariaman gelar Alumni Peduli Cup (APC) ke-7 di sekolah tingkat pertama tertua di Pariaman itu, Sabtu (7/3).

APC merupakan lomba guna mengasah bakat para siswa SMP 1 dalam memanajemen suatu kegiatan sekolah. Lomba meliputi azan, tahfiz, MSQ hingga lomba ciloteh Piaman.

Alumni SMP 1 Pariaman Nini Bahar mengatakan, APC menitikberatkan pada lomba yang bersifat Islami. Dengan lomba tersebut ia berharap bisa membentuk karakter siswa yang islami, handal sekaligus percaya diri tampil di muka umum.

Nini Bahar menyebut hubungan alumni dan sekolah sudah lama terjalin. Pihak alumni juga sering membantu sekolah demi kemajuan pendidikan di sekolahnya tersebut.

Dia bilang, alumni memiliki program anak asuh pada 25 siswa SMP 1 yang rutin disantuni tiap bulannya. Kemudian bhakti kepada para guru yang telah pensiun dengan mengirimkan bingkisan lebaran tiap tahunnya. Lalu APC yang sudah dimulai sejak tujuh tahun lalu.

"Ini wujud kepedulian alumni pada sekolah yang telah membesarkan kita. Meski kami di rantau, jejaring alumni selalu berkomunikasi satu sama lainnya. Seluruh biaya kegiatan merupakan patungan jejaring alumni," kata dia.

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin memuji kontribusi dan kekompakan alumni SMP 1 Pariaman yang membantu sekolah secara berkesinambungan.

Pihaknya mendukung penuh APC karena sejalan dengan program yang dijalankan pemerintahannya selama ini dalam memajukan dunia pendidikan.

SMP Negeri 1 Pariaman, kata Mardison merupakan sekolah unggulan tingkat pertama yang banyak melahirkan siswa-siswa berprestasi. Hal itu terwujud berkat kekompakan pihak sekolah, jejaring alumni, komite dan para orrangtua/walimurid di samping dorongan dari pemerintah.

Ia memuji APC yang mengambil tema 'generasi emas, cerdas, berkualitas untuk agama bangsa dan budaya' yang sangat relevan dengan tuntutan zaman saat ini.

"Bangsa yang besar dan maju diawali dari pendidikan yang berkualitas. Generasi muda yang handal lagi berkarakter, merupakan aset bagi bangsa kita ke depan," kata Mardison.

Mardison meyakini dengan berbagai lomba bertemakan agama, akan membentuk karakter siswa sedari dini untuk menghadapi era globalisasi.

"Pendidikan agama yang kuat dan memahami kandungan Alquran adalah modal dasar untuk menciptakan generasi muda handal," ungkapnya.

Kepala Sekolah SMP Negeri 1 Pariaman Rostina mengatakan, lomba yang diselenggarakan APC tersebut bersifat gratis. Tidak ada pemungutan biaya pada tiap peserta.

Untuk lomba APC tingkat SMP/MTS sederajat, pada lomba Tahfidz Putri diikuti 16 peserta, Tahfidz Putra 14 peserta, lomba Adzan 19 peserta, MSQ 11 peserta dan Ciloteh Piaman diikuti 9 grup. Semua peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 12,5 juta.

Sedangkan lomba SCC tingkat SD/MI sederajat yang dilaksanakan pada hari ini (Minggu 8/3) akan memperlombakan cabang IPA, IPS, Matematika dan Tahfidz.

"SCC diikuti 307 peserta. Semua peserta akan memperebutkan total hadiah Rp 1,8 juta," kata dia. (Juned/Dewi/OLP)
×
Berita Terbaru Update