Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Pra Rakerwil Apeksi, Genius Bicara Perlunya Tol Sumbar-Sumut-Aceh

18 Februari 2020 | 18.2.20 WIB Last Updated 2020-02-18T11:03:08Z
Foto: Junaidi
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar ajak seluruh walikota se pulau Sumatera kompak tagih infrastruktur ke pemerintah pusat.

"Kita yakinkan pemerintah pusat bersama-sama agar mengalokasikan APBN untuk pembangunan infrastruktur ke daerah kita yang saling terintegrasi," kata Genius pada Pra Rakerwil I Asosiasi Pemerintahan Kota Seluruh Indonesia (Apeksi) 2020 di Pariaman, Senin (17/2).

Ia mencontohkan integrasi jalan tol bisa menghubungkan Padang melewati Pariaman ke Sumatera Utara yang berlanjut hingga ke Aceh. Begitu juga dengan pembangunan jalan tol Padangpariaman-Pekanbaru.

"Tentu secara langsung akan berimbas pada pertumbuhan ekonomi bagi semua daerah yang dilalui," kata doktor ilmu kebijakan publik dari IPB itu.

Sebagian daerah di Sumatera, sambung Genius, memiliki APBD terbatas dan terbilang kecil. Dengan kekompakan Apeksi mendesak pemerintah pusat untuk pembangunan infrastruktur, tentunya akan lebih didengar oleh pengambil kebijakan di pusat.

"Untuk Pulau Jawa dapat kita lihat bagaimana perkembangan daerah mereka yang telah terhubung dengan jalan tol. Percepatan ekonomi daerah mereka cukup tinggi karena sudah saling terkoneksi," tuturnya.

Pra Rakerwil I Apeksi diikuti oleh walikota dan utusan perwakilan daerah 23 kota dari Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Riau, Sumatera Barat dan Kepri. Pra Rakerwil membahas teknis dan pelaksanaan Rakerwil I Apeksi 2020 yang akan digelar pada tanggal 17 hingga 19 Maret 2020 mendatang di Pariaman. (Juned/OLP)
×
Berita Terbaru Update