Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Dimotori Pemko, 1 Dekade Darak Badarak akan Jelajahi Bali hingga Malaysia

22 Februari 2020 | 22.2.20 WIB Last Updated 2020-02-22T14:35:11Z
Foto: istimewa
Pariaman - 10 tahun bukanlah usia yang muda untuk sebuah komunitas seni. Demikianlah yang dirasakan oleh para pentolan komunitas Darak Badarak. Komunitas seni yang fokus pada pengembangan musik tradisi berbasis musik Piaman ini telah eksis selama 10 tahun lebih. Hal ini disyukuri dengan menggelar tour keliling yang mengambil rute dari Piaman, sejumlah kabupaten/kota di Sumbar hingga Bali dan berakhir di Malaysia.

Ribut Anton Sujarwo selaku pemimpin Darak Badarak mengatakan, tour tersebut disamping sebagai bentuk terimakasih untuk masyarakat yang telah mendukung kelompoknya, juga sebagai ajang silaturahmi dengan seniman di berbagai daerah.

“Jadi kita akan melibatkan sejumlah kelompok seni lain terutama dari Forum Batajau Seni Piaman, serta para seniman di daerah-daerah di mana kita tampil,” katanya di Pariaman, Sabtu (22/2).

Setelah launching di Kota Pariaman beberapa waktu lalu, kata Ribut, rangkaian tour akan berlangsung sekali dalam seminggu. Manajemen tour, kata dia ditangani oleh Pemko Pariaman dan didukung oleh tim produksi Batajau Seni.

Dukungan dari Pemko Pariaman tersebut, kata Ribut, langsung disampaikan oleh walikota Genius Umar. “Alhamdulillah pak Genius sangat support kegiatan ini. Dan semua pembiayaan dibantu penuh oleh Pemko,” sebutnya.

Ribut mengatakan, misi yang diusung dalam tour adalah untuk mempromosikan seni Piaman sekaligus menjalin komunikasi yang lebih luas dengan semua jejaring seni.

Walikota Pariaman Genius Umar berharap dengan adanya tour seni tersebut, nama Kota Pariaman di dunia seni akan semakin berkibar. Eksistensi Darak Badarak, kata Genius, patut dicontoh oleh komunitas anak muda lain di Pariaman.

"Bagaimana membina kebersamaan, kekompakan dan membantu pemerintah dalam menggalakkan dunia pariwisata adalah penting bagi anak muda Pariaman hari ini,” katanya.

Wakil Walikota Pariaman Mardison Mahyuddin juga tak ketinggalan mendukung tour tersebut. Menurutnya, Darak Badarak sudah patut mendapat apresiasi yang lebih luas.

“Bukan hanya di Pariaman, Darak Badarak sangat patut kita promosikan bahkan hingga ke luar negeri,” katanya.

Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Ajo Wayoik berharap Darak Badarak menjadikan momen satu dekade sebagai momen reflektif.

“Membaca ke dalam tentang bagaimana sebagai sebuah komunitas Darak Badarak telah menancapkan nama di blantika seni Sumbar," kata dia.

Selain itu, membaca respon masyarakat terhadap eksistensi dan mengukur ulang sejauh mana capaian dalam kualitas karya adalah sangat penting. Darak Badarak selama ini dinilainya sudah sangat berperan dalam pengembangan seni.

"Mereka sangat aktif di Forum Batajau Seni Piaman. Tapi ini tentu tidak cukup tanpa pembacaan ulang yang lebih serius mengingat ke depan tantangan yang harus dihadapi Darak Badarak tidaklah mudah,” sebutnya.

Launching road tour 1 Dekade Darak Badarak sudah dilaksanakan Minggu (16/2) lalu. Mereka akan meneruskan tour ini hingga akhir tahun 2020.

"Semoga tour ini menjadi langkah besar bagi masa depan Darak Badarak," pungkasnya. (Tim/OLP)
×
Berita Terbaru Update