Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Ali Mukhni Targetkan Nilai BB Kinerja LAKIP 2020

26 Februari 2020 | 26.2.20 WIB Last Updated 2020-02-26T10:45:36Z
Inspektur Hendra bersama Camat Batang Gasan Erman Sudin usai penyampaian LAKIP Kecamatan di Aula Inspektorat, Rabu (26/2)
Parit Malintang - Pemerintah Kabupaten Padangpariaman bertekad menaikkan peringkat Laporan Akuntabilitas Kinerja Pemerintah (LAKIP) menjadi BB untuk penilaian tahun ini. 

Diketahui bahwa pada 2019, Padangpariaman hanya meraih nilai B yang diserahkan oleh Kementerian PAN dan RB beberapa waktu lalu.

"Tahun 2019 kita dapat nilai B. Sesuai arahan Bapak Bupati untuk LAKIP tahun 2020 harus lebih baik lagi, harus raih nilai BB," kata Kepala Inspektorat Hendra Aswara saat menghadiri ekspos camat di Parit Malintang, Rabu (26/2).

Guna memenuhi target tersebut, kata Hendra, Bupati Ali Mukhni menekankan kepada seluruh OPD dan kecamatan untuk komitmen dan menguasai tugas pokok dan fungsi yang telah dibuat untuk mempresentasikan di depan Tim Penilai LAKIP dari Kemenpan dan RB.

“Evaluasi LAKIP meliputi lima komponen manajemen kinerja yaitu perencanaan kinerja, pengendalian, pelaporan, pengendalian internal dan capaian kinerja,” kata Hendra yang telah dua kali menjabat kepala dinas itu. 

Menurutnya, ada dua hal yang perlu dipahami oleh setiap instansi pemerintah dalam mewujudkan hal tersebut. Pertama, memastikan bahwa anggaran hanya digunakan untuk membiayai program/kegiatan prioritas yang mendukung pencapaian tujuan pembangunan. 

Kedua, memastikan bahwa penghematan anggaran yang dilakukan hanya dialokasikan pada kegiatan-kegiatan yang tidak penting atau tidak mendukung kinerja instansi.

“Langkah konkret yang dilakukan mewujudkan reformasi birokrasi adalah melalui pengelolaan anggaran secara efektif dan efisien,” ujar Mantan Kabag Humas itu.  

Ditambahkannya bahwa Inspektorat telah menyusun jadwal ekspos Kepala OPD dan camat mengenai LAKIP. 

Pada 24-28 Februari 2020 diagendakan untuk kecamatan dan 2-6 Maret 2020 diagendakan untuk Kepala OPD di ruang rapat Inspektorat dan dihadiri oleh pejabat struktural masing-masing OPD.

“Adanya komitmen OPD, kita optimis raih nilai BB tahun depan,” kata Hendra mengakhiri. (Tim)
×
Berita Terbaru Update