185 Personil Pol PP/Damkar Pariaman Akhiri Diksar

Foto: Rika
Pariaman - Sebanyak 185 anggota Satpol PP dan Damkar kota Pariaman akhiri pelatihan dasar fisik dan mental. Pelatihan tersebut berlangsung selama enam hari, 10 hingga 15 Februari 2020.

Walikota Pariaman Genius Umar mengatakan pendidikan yang didapat para personil sebenarnya belum memadai dibanding tuntutan tugas. Ia meminta, tiap personil melatih diri secara mandiri.

"Pendidikan yang saudara tempuh merupakan modal dasar. Tapi tuntutan tugas di lapangan berkata lain. Untuk itu perlu berlatih secara mandiri," kata Genius Umar di Pariaman, Minggu (15/2).

Hasil pendidikan bagi para personil, sebut Genius, akan membentuk pribadi personil. Baik mental dan disiplin, maupun percaya diri, kesadaran, keberanian dan tanggap mengatasi permasalahan di lokasi penugasannya.

Setiap personil yang mengikuti diksar tersebut disadari Genius tidak memiliki kemampuan yang sama. Karena itu ia meminta pimpinan dinas membagi tugas sesuai kemampuan masing-masing personilnya.

"Itulah tugas dan tanggung jawab pimpinan. Memelihara dan meningkatkan kemampuan personil dengan latihan terus menerus agar personil memiliki kemampuan merata," tuturnya.

Kepala Dinas Satpol PP dan Damkar Kota Pariaman, Elfis Candra mengatakan diksar personil guna meningkatkan kapasitas anggotanya karena dalam kesehariannya personil Pol PP/Damkar selalu berhubungan dengan masyarakat.

Ia menyebut pelatihan mental, fisik dan disiplin menjadi hal pokok dalam pendidikan dasar tersebut. Di samping itu, semua personil juga mendapatkan pelatihan pemahaman bidang pengetahuan peraturan perundang-undangan - terutama peraturan daerah. Diksar Pol PP/Damkar Pariaman melibatkan Kodim 0308 dan Polres Pariaman. (Rika/OLP)