Tinjau Lokasi, Kemenhub Setuju Pembangunan Pelabuhan Pariaman di Sunur

Foto: istimewa/insert/internet
Pariaman - Tampaknya Kota Pariaman jadi juga akan memiliki sebuah pelabuhan kapal. Buktinya terlihat dengan kedatangan Kepala Balai Pengelola Transportasi Darat (BPTD) Kementerian Perhubungan (Kemenhub) RI Wilayah III Sumatera Barat, Deny Kusdyana ke lokasi rencana pembangunan pelabuhan di Pantai Sunur, Pariaman, Kamis (30/1).

Peninjauan oleh pihak kementerian tersebut merupakan tindaklanjut hasil Study Kelayakan Pelabuhan Penyeberangan Sunur oleh Walikota Pariaman Genius Umar di Kementerian Perhubungan RI beberapa waktu lalu.

Sekretaris Dinas Perhubungan Kota Pariaman, Feri Andri menjelaskan secara teknis titik lokasi, jarak dari garis pantai dan study kelayakan rencana pembangunan Pelabuhan Pelayaran Sunur ke BPTD.

Feri mengaku pihak BPTD merespon baik dan menyambut positif rencana pembangunan pelabuhan di lokasi tersebut. Pihak BPTD, kata dia meminta pihaknya menyiapkan seluruh dokumen beserta aturan penyerta. Mulai dari AMDAL, pembebasan lahan dal berbagai syarat lainnya untuk persiapan pembangunan.

"Agar pembangunan nantinya tidak ada hambatan," sambungnya.

Kepala BPTD Wilayah III Sumbar Deny Kusdyana mengatakan pihaknya telah berkoordinasi dengan Biro Perencanaan Kemenhub yang prinsipnya setuju dengan pembangunan itu.

"Nanti setelah dibuatnya detail engineering design (DED) oleh Kemenhub kita akan audiensi dengan Menteri Perhubungan," sebutnya. (Juned/Olp)