Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Hindari Orgen, Warga Jambak Basaluang Sambut Pergantian Tahun

1 Januari 2020 | 1.1.20 WIB Last Updated 2020-01-01T03:31:17Z
Foto: istimewa
Jambak - Efek Festival Balah Hilia bagi masyarakat kian nyata. Guna menghindari hura-hura perayaan pergantian tahun baru, pemuda Korong Pasa Jambak Nagari Balah Hilia menggelar basaluang semalam suntuk, Selasa (31/12).

Grup saluang yang diundang datang dari Pasie Laweh. Alunan saluang ditingkah gendang yang apik, berselang seling dengan lantunan dendang penuh pesan dan gurauan.

 Acara digelar di Simpang Jambak, di salah satu los yang juga menjadi pos pemuda.

Walikorong Pasa Jambak, Ari mengatakan pagelaran saluang hasil pemufakatan antara pemuda dan niniak mamak. Acara tersebut penuh sesak dengan penonton dari berbagai rentang usia.

"Inilah efek lanjutan dari Festival Balah Hilia yang sudah kita gelar bersama Forum Batajau Seni Piaman. Pemuda kini makin antusias dengan kesenian-kesenian tradisional," kata dia.

Alih-alih berhura-hura yang ujungnya mendatangkan masalah, sebut dia, pemuda Pasa Jambak malah tampak akrab saling berbalas sumbangan untuk memeriahkan acara.

"Selain aktivitas seperti ini, kami dengan niniak mamak juga sudah sepakat menolak orgen mesum. Kita pastikan hiburan-hiburan tradisi akan mulai hadir di berbagai hajatan masyarakat," sambungnya.

Kesepakatan ini, kata dia, juga untuk menyambut telah berdirinya sanggar tradisi di Pasa Jambak dan 5 korong lainnya di seputaran Balah Hilia.

"Jadi ini bukan hanya sesuatu yang sifatnya sesaat. Ini gerakan untuk mengawal keberlanjutan seni tradisional kita," tandasnya.

Taufik, tokoh pemuda Pasa Jambak apresiasi kesadaran pemuda seperti ini.
 

Jika seni tradisi dihidupkan lagi, kata dia, langkah untuk mengimbangi serangan pengaruh negatif modernitas akan lebih mudah.

Pasa jambak adalah salah satu sentra sosial di Balah Hilia. Semoga gebrakan pemuda Jambak akan memberi dampak pula bagi korong-korong lainnya," kata Dosen UIN Imam Bonjol itu.

Ketua Forum Batajau Seni Piaman, Ajo Wayoik menyatakan pihaknya siap mendukung upaya pelestarian seni tradisi di kampung halamannya itu. Walikorong dan walinagari, kata dia, sudah meminta Forum Batajau Seni Piaman untuk turut membina sanggar yang baru berdiri.

"Kita sudah koordinasi dengan Sanggar Binuang Sati Lubuak Aluang sebagai salah satu penggerak Forum Batajau Seni Piaman yang domisilinya paling dekat dengan Balah Hilia. Sanggar tersebut menyanggupi permintaan untuk turun membina," sebutnya. (Tim)
×
Berita Terbaru Update