Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Akan Optimalkan Wisata Sejarah Pariaman

9 Januari 2020 | 9.1.20 WIB Last Updated 2020-01-09T01:51:58Z
Genius Umar naiki Jeep Willys bersama Sekdako Sawahlunto. Foto: istimewa
Sawahlunto - Walikota Pariaman Genius Umar puji Sawahlunto yang mampu optimalkan sejarahnya menjadi destinasi wisata. Jejak kolonial Belanda di Kota Sawahlunto, kata Genius telah dikemas baik dengan konsep milenial.

"Pariaman bisa mencontoh konsepnya. Kemajuan wisata di suatu daerah secara otomatis akan meningkatkan PAD," kata Genius Umar di Sawahlunto, Selasa (7/1).

Bakal calon wakil gubernur Sumbar itu menyebut Pariaman juga merupakan kota sejarah. Di Pariaman terdapat ratusan benteng pertahanan bekas peninggalan Jepang. Di Pariaman dahulunya juga merupakan basis pertahanan Sumatera wilayah Barat dengan berdirinya markas TNI AL yang dulu disebut ALRI.

"Kita sudah mulai kembangkan wisata sejarah Pariaman seperti membangun monumen ALRI dan tank panser di Pantai Gandoriah. Ke depan kita tambah museum kapal perang di Pariaman," pungkasnya.

Genius Umar mengunjungi spot-spot wisata di Sawahlunto dengan menumpangi mobil antik jenis Jeep Willis. Ia bahkan disopiri oleh Sekdako Sawahlunto Rovanly Abdams.

Jeep Willys, kata Rovanly hadir menjadi kendaraan wisata di Kota Sawahlunto. Kendaraan zaman kolonial Belanda dan peninggalan perang dunia kedua itu siap menemani wisatawan menjelajahi seluruh obyek wisata yang ada di Kota Sawahlunto.

Jeep Willys Wisata Heritage Sawahlunto, kata dia bahkan sudah dipresentasikan dan didukung penuh oleh Walikota Sawahlunto.

"Ke depan kita akan buat terobosan baru yang belum pernah dilakukan atau dimiliki di Indonesia bahkan dunia. Tapi, belum bisa kita ekspos. Tunggu saja,” ujarnya.

Beberapa tempat yang dikunjungi Genius dan rombongan di Sawahlunto di antaranya Museum Tambang Infobox, Lubang Mbah Suro, Gudang Ransum, Puncak Cemara, dan wisata kuliner di kawasan Museum Stasiun Kereta Api. (Tim)
×
Berita Terbaru Update