Satu-satunya di Sumbar, Pariaman Ditetapkan DTU oleh Kemendag

Foto: istimewa
Bandung - Kementerian Perdagangan (Kemendag) Republik Indonesia meresmikan Kota Pariaman sebagai Daerah Tertib Ukur (DTU). Kota Pariaman merupakan satu dari 13 daerah yang dinobatkan sebagai DTU tahun 2019.

Peresmian itu ditandai dengan diserahkannya penghargaan oleh Menteri Perdagangan, Agus Suparmanto kepada Walikota Pariaman, Genius Umar di Kota Bandung, Provinsi Jawa Barat, Jumat (20/12).

Mendag RI, Agus Suparmanto mengatakan DTU adalah bukti pedagang di daerah penerima penghargaan jujur dalam takaran.

"Kita mengapresiasi Pemkot Pariaman aktif melakukan pembinaan dan pengawasan terhadap pedagang," ujarnya.

Ia menyebut DTU mendorong Konsumen cerdas dan pedagang melaksanakan transaksi dengan dengan alat ukur yang jujur, terstandar, dan sama di seluruh Indonesia. 

Di samping itu, tertib ukur akan mendukung ekonomi tumbuh positif juga akan mendorong pertumbuhan ekomomi syariah dan industri halal. 

"Dinas koperindag selalu mengawasi semua alat ukur yang ada sama pedagang," lanjutnya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengatakan khusus di Sumatera Barat, Kota Pariaman merupakan daerah satu-satunya yang dinobatkan sebagai DTU. 

Katanya, Kota Pariaman bakal diberikan bantuan timbangan dari Kemendag RI. Timbangan tersebut untuk mewujudkan satu ukuran dari Aceh hingga Papua.

"Kota Pariaman satu daerah di Sumatera Barat yang dinobatkan sebagai DTU. Ini sangat baik bagi aktivitas ekonomi. Ada jaminan bagi konsumen," katanya.

Genius menyebut Pemkot Pariaman melalui OPD terkait membina pedagang dan mengawasi penggunaan takaran atau timbangan. (Nanda)