Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Genius Luncurkan 15 Aplikasi, Termasuk Aplikasi Perjalanan Wisata dan Analisa Jabatan Online

1 Desember 2019 | 1.12.19 WIB Last Updated 2019-12-01T01:41:41Z
Foto: istimewa/Kominfo Pariaman
Pariaman - Walikota Pariaman Genius Umar luncurkan 15 aplikasi di Balaikota Pariaman, Sabtu (30/11). Peluncuran 15 aplikasi tersebut turut dihadiri oleh Komisaris Utama PT. Telkom Rhenald Kasali.

Peluncuran aplikasi ditandai dengan penekanan tombol secara bersama untuk menyaksikan video singkat tentang jenis dan fungsi aplikasi yang diluncurkan.

“Aplikasi ini merupakan salah satu langkah menuju Pariaman Smart City. Selanjutnya kita akan membangun roadmap (peta jalan) smart city Pariaman untuk dikoreksi kembali oleh PT. Telkom. Jadi kerjasama tidak hanya di sisi pulsa melainkan sisi substansi dari smart city,“ kata Genius Umar.

15 aplikasi yang diluncurkan tersebut adalah :

1. Aplikasi e-Protokoler. Digunakan untuk mengelola agenda Walikota dan Wakil Walikota sehingga  lebih terjadwal dan terorganisir dengan baik.

2. Re-Make Aplikasi JDIH (Jaringan Dokumentasi dan Informasi Hukum). Aplikasi ini  terintegrasi dengan aplikasi JDIH Nasional sehingga mendapatkan penghargaan dari kementerian Hukum dan HAM.  Melalui aplikasi ini masyarakat dapat melihat produk-produk hukum daerah seperti Peraturan Daerah, Peraturan Walikota, Keputusan Walikota, Peraturan Desa dan Naskah Akademik.

3. Aplikasi e-BPKB. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data kendaraan dinas seluruh OPD. aplikasi ini akan mencatat data-data kendaraan dinas seperti nomor polisi, OPD yang menggunakan dan nama pegawai yang menggunakan.

4. Aplikasi e-SPPD. Aplikasi ini digunakan untuk mengelola data perjalanan dinas dalam daerah dan luar daerah. Aplikasi ini dilengkapi dengan fitur pembuatan Telaah Staf, Surat Perintah Tugas (SPT), SPPD, Laporan Perjalanan dan Kwitansi Pembayaran.

5. Re-Make Website Pemerintah Kota Pariaman. Website versi terbaru ini memiliki tampilan lebih menarik dan fitur lebih lengkap terdiri dari berita kota, aplikasi layanan publik, agenda kota, profil kota dan galeri kota.

6. Aplikasi e-Labor. Aplikasi ini dimanfaatkan oleh UPT Labor Dinas Perkim dan Lingkungan Hidup untuk mengelola data analisa laboratorium lingkungan hidup.

7. Aplikasi SIKOPAR (Sistim Informasi Komiditi Pariaman). Digunakan untuk mengelola informasi harga secara elektronik sehingga masyarakat dapat memantau harga kebutuhan bahan pokok secara online dan real time baik.

8. Aplikasi SAMPAN (Sistim Aplikasi Mitigasi Bencana dan Pengaduan Kedaruratan). Aplikasi ini dimanfaatkan untuk mengantisipasi terjadinya bencana alam seperti tsunami, banjir, tanah langsor, kebakaran dan lain sebagainya. Aplikasi ini memiliki fitur tips menghadapi bencana, memberikan warning/peringatan terjadinya potensi tsunami, dapat mendeteksi lokasi area evakuasi terdekat, mengarahkan warga menuju area evakuasi, menyediakan fasilitas nomor kontak dan laporan pengaduan darurat untuk kepolisian, BPBD, pemadam kebakaran, ambulan dan Satpol PP.

9. Aplikasi SIMRS (Sistim Informasi Manajemen Rumah Sakit - Developing Term). Untuk manajeman rumah sakit meliputi pendaftaran pasien, pengobatan, diagnosisi medik dan rekam medik.

10. Aplikasi SIAMIN (Sistim Informasi Aplikasi Monitoring Infrastruktur). Untuk memantau progres pelaksanaan pembangunan infrastuktur baik yang dilakukan oleh Dinas Pekerjaan Umum maupun pembangunan infrastruktur yang dilakukan oleh desa dengan memanfaatkan dana desa.

11. Aplikasi SIPADEH (Sistim Informasi Persuratan dan Administrasi Desa dan Kelurahan). Untuk mengelola data persurat di desa dan kelurahan. Melalui aplikasi ini masyarakat dapat meminta surat secara online, memudahkan operator desa membuat surat, dan mengarsip surat secara elektronik, memungkinkan kepala desa dan camat menyetujui dan menandatangani surat secara elektronik.

12. Trip Advisor Kota Pariaman. Menerapkan konsep one stop for tourism. Aplikasi ini menyediakan semua kebutuhan wisatawan untuk berkunjung ke Kota Pariaman. Wisatawan dapat melihat destinasi wisata yang ingin dikunjungi, memesan hotel, merental mobil, dan memesan kapal wisata ke pulau. Di samping itu aplikasi ini menginformasikan lokasi parkir, lokasi objek wisata, fasilitas objek wisata, agenda pariwisata, jadwal kereta api dan lain sebagainya. Aplikasi ini diperkirakan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan ke Kota Pariaman.

13. Aplikasi SIDATUK (Sistim Informasi Data Terpadu Kemiskinan). Aplikasi ini merupakan aplikasi terpadu database kemiskinan. Dalam aplikasi ini tersedia semua informasi tentang warga miskin mulai dari biodata anggota keluarga, data rumah dan data bantuan yang sudah diterima. Aplikasi ini dapat menjadi rujukan bagi OPD terkait untuk mendistribusikan bantuan dan program penanggulangan kemiskinan.

14. Aplikasi SIAJO (Sistim Informasi Analisa Jabatan Online). Dimanfaatkan oleh Bagian Organisasi untuk melakukan analisa jabatan online. Aplikasi ini memiliki fitur Peta Jabatan, Korelasi Jabatan, Analisa Jabatan dan Evaluasi Jabatan.

15. Aplikasi e-Kinerja. Merupakan aplikasi yang digunakan untuk mengelola data kehadiran PNS, mengelola daftar kegiatan atau laporan harian. Di samping itu aplikasi ini dilengkapi dengan fitur perhitungan TPP PNS secara otomatis.

Genius Umar berharap pihaknya akan selalu mendapatkan dampingan dari PT Telkom dan komisaris utama bersedia mendampinggi Kota Pariaman untuk menjadi yang terbaik di bidang smart city. (Dewi lestari)
×
Berita Terbaru Update