Wartawan Piaman Bagikan Ribuan Masker Gratis

Foto: Nanda
Pariaman - Puluhan wartawan berposko di Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Pariaman, Provinsi Sumatera Barat turun ke jalan membagikan masker gratis kepada masyarakat.
Foto: Nanda

Ribuan masker tersebut dibagikan kepada pengguna jalan raya yang melintas di Simpang Tugu Tabuik, Kecamatan Pariaman Tengah, Kota Pariaman, Selasa (24/9) sore.

Di lokasi pembagian masker masih terlihat masyarakat, khususnya pengedara yang tidak menggunakan masker. Tidak hanya orang dewasa, balita pun ada yang tidak menggunakan masker.

Ketua Dewan Penasehat PWI Pariaman, Ikhlas Bakri bersama praktisi media Oyong Liza Piliang mengatakan masyarakat masih banyak membutuhkan masker. 

Sekitar seribu lembar masker habis dibagikan dalam waktu satu jam.

"Masyarakat masih membutuhkan masker, karena hari ini masih ada yang belum menggunakan masker," kata Ikhlas.

Ikhlas meminta upaya pemadaman kebakaran hutan di Riau dan Jambi terus dimaksimalkan. 

Oyong Liza Piliang mengatakan jika kebakaran hutan dan lahan di pulau Sumatera sudah dalam tahap sangat mengkhawatirkan. Ia menyebut hal itu sebagai tragedi nasional yang terus berulang tanpa ada solusi konkrit dari pemerintah.

Jika hal tersebut terus berulang tanpa solusi jangka panjang, kata dia, selain akan menimbulkan banyak korban, keuangan negara juga terus terkuras untuk mendanai pemadaman dan rekayasa cuaca.

"Hampir satu juta penduduk Indonesia terjangkit ISPA akibat Karhutla Kalimatan dan Sumatera. Pemerintah pusat harus mengambil langkah berani terhadap para pembakar yang diduga dicukongi," kata OLP biasa ia dipanggil.

Sesangkan bagi Pariaman dan Padangpariaman, kata OLP, hanya bisa mengupayakan mengurangi dampak kabut asap. (Nanda)