30 Lansia Padangpariaman Terima BantuanTunai Rp1,2 Juta per Orang

Hendra Aswara serahkan bantuan untuk lansia Padangpariaman di Kantor Wali Nagari Sunua Tengah, Kec. Nan Sabari , Senin (2/9). Foto: istimewa
Nan Sabaris - Sebanyak 30 masyarakat lanjut usia mendapat bantuan. Bantuan diserahkan oleh Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padangpariaman, Hendra Aswara.

"Sesuai arahan bapak Bupati, bantuan ini jangan lihat dari besar atau kecilnya, namun inilah wujud kepedulian pemerintah kepada masyarakatnya," kata Hendra di kantor Walinagari Sunua Tengah, Nan Sabaris, Senin (2/9).

Bantuan untuk lansia, kata Hendra, diberikan sebesar Rp200 ribu per bulan kepada yang memenuhi syarat. Syarat tersebut diantaranya lansia terlantar dan tidak menerima bantuan Program Keluarga Harapan (PKH).

"Jadi Amak-amak jo apak-apak manarimo pitih Rp200 ribu per bulan. Kini dibayar sebanyak enam bulan. Jadi total manarimo Rp1,2 juta. Tanpa potongan," kata Hendra yang dijawab syukur oleh para lansia.

Kepala Bidang Rehabilitasi Sosial, Ratna Dewi mengatakan bahwa bantuan lansia diajukan ke Kementerian Sosial RI pada awal tahun lalu. Kemudian proposal yang diajukan diverifikasi dan divalidasi oleh tim pusat.

Proposal yang diajukan pihaknya sebanyak 124 lansia namun yang disetujui hanya pada 30 orang lansia saja.

"Kita juga upayakan selain dana APBN supaya bantuan lansia ini juga ditampung pada APBD," kata Ratna Dewi.

Walinagari Sunua Tengah, Hafrizal apresiasi Bupati Padangpariaman melalui dinasnya yang telah memperhatikan masyarakat, khususnya para lansia di nagarinya.

Ia berharap bantuan yang diberikan digunakan sebaik-baiknya oleh para lansia untuk memenuhi kebutuhan dan keperluan rumah tangga atau kesehatan.

"Kami harap bantuan ini tetap berlanjut, dan atas nama nagari kami ucapkan terima kasih kepada bapak Bupati," kata Hafrizal. (Tim)