Tugas Menumpuk, DPRD Padangpariaman Percepat Masa Orientasi Dewan

Happy Neldy: foto: Nanda
Pariaman - DPRD Kabupaten Padangpariaman periode 2019-2024 akan menjalani masa orientasi di akhir bulan Agustus 2019 guna mempersiapkan pembahasan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD- P) Kabupaten Padangpariaman 2019.

"Orientasi anggota dewan periode yang baru perlu dilakukan lebih awal agar APBD P dapat dibahas lebih awal. Untuk Sumatera Barat, Padangpariaman yang perdana orientasi. Anggota DPRD tentu harus memahami hal itu dulu, makanya kita lakukan orientasi lebih awal," kata Ketua DPRD Kabupaten Padangpariaman, Happy Neldi, Rabu (21/8).

Orientasi anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman dijadwal pada 25-30 Agustus 2019 di Hotel Pangeran Beach, Kota Padang. 

"Orientasi diselenggarakan oleh BKPADM Provinsi Sumatera Barat. Namun kita minta percepatan jadwal karena sejumlah agenda penting di dewan menumpuk. Sebetulnya, belum jadwal DPRD Kabupaten Padangpariaman. Namun karena ingin percepatan kita minta difasilitasi lebih awal," lanjutnya.

Menurut Happy, dalam orientasi itu anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman akan dibekali materi tentang tugas dan fungsi DPRD dalam pemerintahan. Tiga fungsi itu yakni legislasi, pengawasan dan penganggaran.

"Sebagian anggota DPRD ada yang baru, bagi yang lama ada baiknya pendalaman lagi. Pasti banyak perkembangan informasi dari regulasi baru yang dapat dipelajari saat orientasi besok ini," ulasnya.

Dalam waktu dekat DPRD Kabupaten Padangpariaman mulai menyusun dan membentuk alat kelengkapan dewan seperti Badan Kehormatan, Badan Musyawarah, Badan Anggaran, dan komisi serta fraksi.

"Jika sudah ada kelengkapan dewan, jadwal sidang dan rapat bisa disusun. Kegiatan lebih terstruktur," pungkas dia. (Nanda)