Selain Ruang Bermain Anak dan Ibu Menyusui, Kacamata Baca Juga Disediakan di Kantor Dinas Sosial Padangpariaman

Kacamata baca terbajang di desk utama pelayanan kantor Dinas Sosial Padangpariaman. Foto: Hendra
Pariaman - Nuansa berbeda terasa saat memasuki kantor Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Padangpariaman.

Pasalnya, kantor yang berada di belakang bekas kantor walikota Pariaman itu kini dilengkapi ruang bermain anak dan ruang ibu menyusui serta perpustakaan mini.
Yang terbaru, dinas ini juga menyediakan kacamata baca bagi masyarakat yang membutuhkan.

Penambahan fasilitas itu diperuntukan bagi masyarakat yang melakukan pelayanan ketika membawa buah hatinya. Sehingga saat menunggu antrian, anak-anak dapat bermain di ruang bermain yang sudah dilengkapi dengan bermacam-macam permainan.
 

"Dari Kemenpan-RB meminta agar pelayanan ditambah dengan membentuk ruang permainan anak dan ibu menyusui. Bahkan kacamata baca juga disediakan mulai plus 1, 3/4 dan 1/2. Sehingga bagi pengunjung yang ketinggalan kacamata, tak perlu khawatir lagi," kata Kepala DinsosP3A Padangpariaman, Hendra Aswara di Ruangan Pusat Pelayanan Terpadu Penanganan Kemiskinan, Jumat (23/8).
 

Menurut Hendra, selain tempat permainan anak dan ibu menyusui, sebenarnya masih ada tambahan untuk tempat duduk bagi penyandang disabilitas dan masyarakat prioritas seperti ibu hamil, lansia dan balita.

Pihaknya berharap dengan penambahan fasilitas ruang pelayanan dapat memberi kepuasan kepada masyarakat sehingga bagi yang membawa anak-anak tidak bosan selama menunggu antrian.
 

Sinta, warga Nagari Sunur yang datang ke kantor itu mengatakan, dengan adanya ruang bermain bagi anak memberi wadah bagi orangtua sehingga tidak khawatir saat anaknya rewel ketika menunggu.
 

"Sambil kita meminta bantaun sosial, anak bisa bermain di ruang anak. Jadi dia tidak bosan menunggu," kata ibu beranak satu itu.

Dengan adanya ruang menyusui, dia menuturkan, dapat mempermudah ibu menyusui saat harus memenuhi kebutuhan bayinya tanpa harus malu atau risih di depan banyak orang.
(Tim)