Pertama di Sumbar, DPRD Padangpariaman Jalani Masa Orientasi

Foto: Nanda
Pariaman - Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padangpariaman jalani orientasi tentang tugas dan tanggungjawab dewan, Senin (26/8). Orientasi difasilitasi Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia (BPKSDM) Sumatera Barat.
 

Dalam orientasi itu, 40 orang anggota dewan ini juga dibekali materi tentang empat pilar kebangsaan dan wawasan kebangasaan, pembangunan daerah dan pengelolaan keuangan daerah.

Selain itu juga ada materi tentang hubungan kerja antara DPRD dengan pemerintah daerah, dan sistem pemerintahan Indonesia.
 

Kepala BPKSDM Sumatera Barat, Jefrinal Arifin mengatakan DPRD Kabupaten Padangpariaman menjadi DPRD kabupaten/kota di Sumatera Barat yang mulai mengikuti orientasi.

"Kita apresiasi ke DPRD Padangpariaman karena menjadi pertama kali menjalani orientasi. Responnya cepat dari pimpinan dan setwan Padangpariaman," ujarnya.

Jefrinal menegaskan orientasi penting dilakukan, karena hak dan kewajiban anggota dewan dapat dipenuhi setelah mengikuti orientasi.

"Jika belum orientasi bapak-bapak kita ini belum bisa melaksanakan kegiatan, belum bisa kunjungan keluar daerah. Kita sudah paparkan tugas dan tanggungjawab anggota dewan," ulasnya.

Ketua DPRD Kabupaten Padangpariaman sementara, Happy Neldy mengatakan orientasi anggota dewan harus dilaksanakan segera.

Percepatan itu bukan hanya karena mendesaknya tugas anggota dewan, namun pembekalan melalui orientasi, anggota dewan yang berasal dari berbagai latar belakang akan memahami tugas dan fungsi sebagai anggota dewan.

"Anggota dewan harus paham dengan tugas dan fungsinya. Bagaimana bekerja jika tidak paham itu," katanya.

Ia juga menyampaikan jika DPRD Kabupaten Padangpariaman masih menunggu keputusan pengurus pusat dua partai politik yakni Partai Gerindra dan PAN yang belum mengirimkan nama pimpinan dewan definitif. Keputusan nama pimpinan definif itu akan ditindaklanjuti dengan melakukan pelantikan pimpinan dewan defenitif.

Pengesahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Perubahan (APBD-P) Padangpariaman tahun 2019, belum dapat dibahas dan disahkan sebelum adanya pimpinan defenitif.

"Pimpinan dewan saat ini masih sementara. Tugasnya hanya mengantarkan pembentukan pimpinan definitif dan fasilitasi pembentukan fraksi dan komisi. Sementara ketok palu dan pengesahan harus oleh pimpinan defenitif.

Anggota DPRD Kabupaten Padangpariaman menjalani orientasi hingga 30 September 2019 di Hotel Pangeran, Kota Padang. (Nanda)