Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Jadikan Nagari Layak Anak dan Smart Nagari, Nagari Pauhkamba Perbaharui RMJM

22 Agustus 2019 | 22.8.19 WIB Last Updated 2019-08-22T13:40:26Z
Elemen masyarakat Pauhkambar berfoto bersama Wabup Padangpariaman usai musrembang. Foto: Nanda
Pauahkamba - Pemerintah Nagari Paukamba, Kecamatan Nan Sabaris, Kabupaten Padangpariaman merevisi Rancangan Pembangunan Jangka Menengah (RPJM).
 

Revisi itu dilakukan guna mewujudkan nagari Pauhkamba sebagai smart nagari dan nagari layak anak.
 

Revisi itu dibahas dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrembang) yang melibatkan elemen pemerintahan dan masyarakat, Kamis (22/8).
 

M Nur, Walinagari Pauhkamba menuturkan revisi RPJM itu dilakukan agar nagari layak dan smart city dapat diakomodir menjadi program pemerintah nagari.
 

"Karena telah masuk dalam RPJM setelah kita revisi ini, bisa kita buatkan program dan dianggarkan dalam Anggaran Pendapat dan Belanja Nagari (APB-Nagari)," terangnya.
 

Ia mengatakan pihaknya akan mulai menyusun program guna mewujudkan nagari layak anak dan smart nagari.
 

"Kita akan mulai merealisasikan dua hal ini (nagari layak anak dan smart nagari) di tahun ini. Kita akan anggarkan di APB-Nagari Perubahan tahun 2019 ini," lanjutnya.
 

M Nur merinci nagari layak anak akan dimulai dengan penyedian fasilitas anak di kantor nagari. Untuk itu, kata dia, akan dibangun fasilitas tempat bermain anak, ruangan ibu menyusui dan pelayanan bebas rokok.
 

"Sementara smart nagari ini realisasinya nanti berkaitan dengan pelayanan. Kita ingin informasi dan pelayanan berbasiskan teknologi informasi. Pelayanan di nagari terkoneksi dengan OPD dalam jaringan seperti Kominfo, Disdukcapil dan DPMDes. Kita juga bangun taman digital, spot internet gratis bagi masyarakat," katanya merinci.
 

Ia menyampaikan nagari layak anak dan smart nagari sinergis dengan program yang tengah direalisasikan oleh Pemkab Padangpariaman.
 

"Jika programnya sinergis, capaian pembangunan secara daerah akan lebih terlihat," imbuh dia.
 

Selain dua program itu, berbagai elemen masyarakat nagari setempat meminta agar pemberdayaan masyakat seperti pelatihan keterampilan, pendidikan kesehatan dan kewirausahaan ikut diperbanyak.
 

Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Padangpariaman, Rahmad Mahmudal akan mengawal usulan masyarakat nagari Pauhkamba hingga Musrembang tingkat Kabupaten Padangpariaman.
 

"Kami akan fokus mengawal musrembang kecamatan hingga dibahas di musrembang tingkat kabupaten. Kita akan coba koordinasikan dua program ini dengan OPD terkait. Jika ada yang bisa didukung oleh OPD, kita akan coba sampaikan," ujarnya.
 

Selain itu, DPRD Kabupaten Padangpariaman sangat mendukung upaya mewujudkan nagari layak anak dan smart nagari yang digagas oleh Nagari Pauhkamba.
 

Pihaknya akan mengupayakan penganggaran untuk dua program itu dengan memperhatikan kemampuan dan kondisi keuangan daerah.
 

Hal senada juga diungkapkan Wakil Bupati Padangpariaman, Suhatri Bur. Ia mengapresiasi upaya menjadikan Nagari Pauhkamba sebagai nagari layak anak dan smart nagari.
 

"Programnya sejalan dengan yang sedang kami lakukan. Kita arahnya menjadikan Padangpariaman sebagai smart city. Pemnag Paukamba juga punya program yang sama," ungkapnya.
 

Dalam kesempatan itu, mantan ketua KPU Kabupaten Padangpariaman ini mengajak masyarakat mendukung setiap program pemerintah nagari Paukamba. (Nanda).

×
Berita Terbaru Update