Pariaman Expo 2019 Berlangsung Sukses dan Lebih Berwarna

Pembukaan Pariaman Expo 2019 ditandai pemukulan tambua gandang tassa.
Gondariah - Pemerintah Kota Pariaman kembali menggelar Pariaman Expo di tahun 2019. Kegiatan itu dipusatkan di kawasan Pentas Utama Pantai Gondoriah, Kota Pariaman. Iven ini selenggarakan sejak pada 6 Juli hingga 14 hari ke depan, pada 14 Juli 2019. 
Ribuan jamaah zikir hadiri pembukaan Pariaman Expo 2019
Hari ini, Minggu (7/7) dilakukan pembukaan iven oleh Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit dan dihadiri Walikota Pariaman, Wakil Walikota Pariaman, unsur forkopimda Kota Pariaman dan ribuan anggota Badan Kontak Majelis Taklim (BKMT) se Provinsi Sumatera Barat.
Kepala Dinas Perindagkop/UKM Gusniyetti Zaunit beri sambutan pada acara pembukaan Pariaman Expo 2019.
Pembukaan ditandai dengan pemukulan tambua dan pelepasan balon ke udara oleh Wakil Gubrnur Sumatera Barat, Walikota Pariaman dan unsur forkopimda Kota Pariaman.
Wagub Sumbar tes tekanan darah di stand Pemko Pariaman.

Pariaman Expo dimeriahkan berbagai hiburan musik, kesenian. Lebih dari 100 pelaku UKM, BUMN dan BUMD memamerkan produk unggulan dan pelayanan di stand yang telah disediakan Perindagkop UKM.

Pengunjung akan dihibur dengan penampilan penyanyi Minang terkenal, seperti youtuber Adim MF, Elsa Pitaloka, Ipank, chef Dedi Wahyudi dan penampilan band lokal Kota Pariaman.

Beragam perlombaan digelar selama pelaksanaan Pariaman Expo 2019 seperti lomba tari minang tunggal, lomba solo dangdut kocak, lomba solo song minang, festival dan lomba memasak sala, lomba rangking 1 koperasi, hingga lomba casual batin.

Kepala Dinas Perindagkop UKM Kota Pariaman, Gusniyetti Zaunit mengatakan pelaksanaan Pariaman Expo Pariaman merupakan rangkaian perayaan HUT Kota Pariaman tahun 2019, sekaligus upaya pemerintah setempat mempromosikan hasil produksi UKM dan destinasi wisata Kota Pariaman. 

Pemko Pariaman, kata dia, menargetkan lebih dari 10 ribu pengunjun lokal dan kabupaten/kota lain menyaksikan dan melakukan transaksi selama pelaksanaan iven ini.

"Karena masih dalam suasana liburan sekolah dan akhir pekan, pengunjung akan sangat ramai. Kita lihat sendiri, di pembukaan acara saja sangat ramai," katanya.

Walikota Pariaman, Genius Umar mengharapkan gelaran Pariaman Expo makin memperluas pasar bagi produk UKM Kota Pariaman. Promosi melalui kegiatan ini, menjadikan produk UKM dan destinasi wisata di Kota Pariaman makin dikenal secara nasional dan internasional.

"Kita mempromosikan berbagai produk dan destinasi wisata Kota Pariaman. Di pembukaan kita gabungkan dengan acara wisata dakwah BKMT Sumatera Barat. Selama digelar, hari ini yang paling ramai," katanya.

Genius mendorong pelaku UKM di Kota Pariaman memperluas pemasaran hasil produk UKM dengan memasuki pasar digital atau e-commarce. Pemko Pariaman dalam waktu dekat, kata dia akan mengembangkan aplikasi lapakpiaman, untuk mendorong pemasaran hasil UKM Kota Pariaman di ecommarce.

Terkait sederet iven yang telah diselenggarakan di Kota Pariaman, pihaknya telah melakukan evaluasi. Hasil evaluasi, menunjukkan bahwa iven sport tourism merupakan iven wisata yang potensial untuk dikembangkan.

"Kita akan perbanyak sport tourism, pada tahun ini akan ada lomba berenang ke Pulau Angso Duo, dan wisata olahraga lainnya," tukasnya.

Wakil Gubernur Sumatera Barat, Nasrul Abit, menyebut meski telah digelar kesekian kalinya, Pariaman Expo tahun 2019 telah diinovasi, seperti mengawali pembukaan acara dengan wisata dakwah BKMT Sumatera Barat.

"Ada inovasi yang dilakukan di setiap tahun penyelenggaraanya," katanya.

Pameran dan iven wisata yang digelar oleh kabupaten dan kota di Sumatera Barat mendorong peningkatan kunjungan wisatawan ke Sumatera Barat. Peningkatan kunjungan itu, secara langsung mendorong pertumbuhan ekonomi masyarakat, khususnya yang bergerak di sektor pariwisata.

"Sumatera Barat ini hanya punya UMKM dan pariwisata. Kita harapkan dengan kunjungan wisata yang ramai juga memperluas pasar bagi produk UMKM kita," tutupnya. (*)