Mardison Minta Pengawas Sekolah Mengawasi dengan Profesional

Foto: Nanda
Pariaman - Pengawas sekolah di Kota Pariaman dituntut untuk profesional melakukan penilaian dan pembinaan terhadap kinerja kepala sekolah, tenaga pendidik, guna meningkatkan kualitas pendidikan.        

Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin mengatakan pengawas berperan melakukan penilaian dan pembinaan melalui supervisi akademik dan supervisi manajerial.

"Hasil pengawasan dan pembinaan tersebut secara langsung ataupun bertahap akan meningkatkan kinerja kepala sekolah dan tenaga pendidik. Dengan begitu kualitas pendidikan meningkat," katanya saat membuka Workshop Pengawas TK, SD, SMP Tingkat Kota Pariaman di Aula Restoran Joyo Makmur, Senin(15/7).

Mardison juga menekankan agar pengawas sekolah melakukan pengawasan dan pembinaan rutin kepada sekolah, bukan secara periodik.

"Pembinaan dilakukan secara rutin. Bukan periodik," lanjutnya.

Ditambahkannya, peningkatan sumber daya manusia dimulai dari peningkatan tingkat pendidikan warganya. Sejumlah program unggulan saat kampanye, seperti Satu Keluarga Satu Sarjana (Saga Saja), pendidikan gratis hingga tingkat SMA telah direalisaskan.

"Jika pendidikannya bagus, anak muda kita bisa bekerja. Kemudian mereka meningkatkan taraf hidup keluarga dan umumnya berdampak juga bagi ekonomi Kota Pariaman," pungkasnya.

Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Kota Pariaman, Kanderi mengungkapkan jika jumlah pengawas sekolah di Kota Pariaman masih minim. Hal itu mengakibatkan supervisi yang dilakukan juga belum maksimal.

"Kedepan kita akan merekrut pengawas sekolah sesuai dengan kebutuhan kita di Kota Pariaman," ungkapnya.

Ia mendorong agar pengawas harus dapat mengikuti perkembangan zaman terkait dunia pendidikan sehingga Kota Pariaman tidak ketinggalan dalam proses mutu pendidikan.

"Harus bisa mengikuti perkembangan zaman termasuk penggunaan teknologi informasi," pungkasnya. (Nanda)