Lahir 10 Juli, Warga Patamuan Ini Dapat SIM Gratis dari Polres Padangpariaman

Foto: Nanda
Nan Sabaris -  Syafrizal, warga Koto Mambang Sungai Durian, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padangpariaman beruntung. Niatnya mengurus perpanjang Surat Izin Mengemudi (SIM) yang masa berlakunya telah habis, malah mendapatkan SIM gratis dari Satlantas Polres Padangpariaman.

SIM gratis itu ia dapatkan karena berulangtahun pada hari ini, 10 Juli 2019 yang bertepatan pada pelaksanaan upacara HUT Bhayangkara ke 73 di lingkungan Polres Padangpariaman.

Syafrizal mengurus perpanjangan SIM ke SATPAS Satlantas Polres Padangpariaman di Kapalo Koto, Nan Sabaris. Saat menyerahkan berkas permohonan perpanjangan SIM C, ia dipanggil oleh salah seorang personil Polres Padangpariaman.

"Terus kata bapak polisi, saya mendapatkan perpanjangan SIM gratis, karena ulang tahun saya, serentak dengan pelaksanaan acara HUT Bhayangkara. Saya bersyukur sekali," katanya.

Kasat Lantas Polres Padangpariaman, Iptu Yuliadi menerangkan pemberian SIM A atau SIM C gratis tersebut untuk memeriahkan rangkain HUT Bhayangkara ke-73. Bagi masyarakat yang ingin mendapatkan perpanjang SIM gratis itu, harus memenuhi dua persyararatan yang ditetapkan. 

"Hanya untuk perpanjang SIM saja, tidak berlaku untuk pembuatan SIM baru. Syaratnya berlaku bagi masyarakat yang ulang tahunnya dan masa berakhirnya SIM nya tepat pada 10 Juli 2019
 ini, terang Yuliadi. 

Meski digratiskan, penerima SIM tersebut tetap harus menjalani prosedur perpanjangan SIM yang telah ditetapkan oleh Polri. Ada ujian dan pengisian berkas yang dilakukan penerima SIM gratis.

"Mereka tetap mengikuti prosedur perpanjangan SIM, bedanya hanya saja tidak membayar Penerimaan Negara Bukan Pajak (PNBP) nya saja," pungkasnya. 

Hingga penutupan pendaftaran penerbitan SIM hingga pukul 12.00 Wib, hanya dua orang warga yang masuk kategori penerima SIM gratis dari Polres Padangpariaman. (Nanda)