Akan Tampil di Turki, Mardhiyan Novita M.Z terpilih The First Winner Sumbar

Foto: Nanda
Pariaman - Penggiat literasi di Kota Pariaman, Mardhiyan Novita M.Z, terpilih The First Winner Sumbar Talenta XIV di Hotel Axana pada 6 Juli 2019 silam. 

Atas pretasinya itu, Mardhiyan bakal tampil dalam sebuah even internasional di Turki pada Oktober 2019 mendatang.

Mardhiyan menampilkan puisi teatrikal karyanya berjudul "Tuhan Rindu Aku Merindukan-Nya". Ia menjadi peserta terbaik mengalahkan peserta lainnya. 

Dalam penampilannnya, gadis kelahiran 20 November 1993 silam ini tidak tampil sendirian. Ia dibantu lima orang pelajar yang juga aktif di kegiatan literasi Pariaman. 

Mardhiyan saat dihubungi pariamantoday.com, Sabtu (13/7) menyebutkan, even Sumbar Talenta XIV, dimulai pada Maret 2019 hingga 6 Juli 2019. 

Seleksi diawali dengan tahapan audisi. Setelah lolos babak audisi, Mardhiyan terus melaju ke tahapan penyisihan, semi final, final dan menjadi The First Winner pada grand final.

Selain tampil di panggung, ia dan peserta lainnya diberikan tugas melakukan kunjungan ke kantor media cetak, membaca buku dan menceritakan ulang, diskusi literasi, serta kemampuan menulis.

Menurutnya, juri tidak hanya menilai talenta di atas panggung. Peserta juga dinilai kepribadiannya, integritas diri, keaktifan dalam literasi dan kedisiplinan selama kegiatan.

Puteri pertama pasangan Maryunis dan Zaisyam ini juga tercatat sebagai Duta Baca Provinsi Sumatera Barat. Selain itu, alumni Fakultas Ilmu Pengetahuan Budaya (FIB) Universitas Indonesia (UI) ini, juga aktif mengembangkan literasi di Kota Pariaman. 

Ia tercatat sebagai perintis dan pembina Sanggar Bahasa & Sastra Klub Sahara Pariaman, pembina Sanggar Sastra Siswa Indonesia (SSSI) SMA N 1 Pariaman dan Pembina Komunitas Penggerak Geliat Sastra (Pelita) SMA N 2 Pariaman.

Karya yang ia lahirkan juga tidak sedikit. Tercatat, 4 karya buku tunggal telah terbit dan 15 buku antologi menang sayembara tingkat lokal maupun nasional. (Nanda)