Sempat Dibabat Oknum Masyarakat, Genius-Mardison Tanam Mangrove di Desa Apar

Genius-Mardison bersama jajaran Forkopimda tanam bibit mangrove di Desa Apar Pariaman. Foto: istimewa
Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar dan Wakil Walikota Pariaman tanam mangrove di hutan mangrove Pariaman di Desa Apar, Pariaman Utara, Sabtu lalu (1/6).

Penanaman mangrove bertepatan dengan peringatan hari lahirnya Pancasila 1 Juni. Penanaman mangrove juga diikuti oleh unsur jajaran Forkopimda Pariaman.

Area hutan mangrove Pariaman yang sebelumnya pernah dirusak oknum tak bertenggungjawab itu, merupakan kawasan wisata edukasi Pariaman terpopuler di provinsi Sumatera Barat. Lokasinya yang berdekatan dengan konservasi penyu menjadikan tempat itu acapkali menjadi lokasi studi para mahasiswa, pelajar dan penelitian para ilmuan.

Di area hutan mangrove juga telah dibangun pedesterian guna memudahkan wisatawan berkeliling hutan mangrove. Suasana yang dekat pantai dan telaga, menjadikan kawasan tersebut selalu ramai pada hari libur oleh kunjungan wisatawan.

Walikota Pariaman Genius Umar bilang hutan mangrove mempunyai banyak sekali manfaat seperti penyuplai oksigen terbesar bagi bumi juga berfungsi sebagai ekologi lingkungan, selain fungsi utamanya untuk penanggulangan bencana.

Ia berharap, hutan mangrove yang sempat dirusak oleh orang yang tidak bertanggung jawab itu, bisa diperbaiki kembali dengan cara merehabilitasi dengan menanam agar kembali tumbuh seperti sediakala dan menjadi penopang ekosistem bagi pesisir pantai Pariaman.

Doktor lulusan IPB, Program Manajemen dan Kebijakan Pengelolaan SDA dan Lingkungan pada 2007 mengungkapkan, penanaman yang dilakukan pada bulan Ramadan juga menuai kebaikan dan pahala.

Komandan Kodim (Dandim) 0308 Pariaman, Letol Arm Heri Pujiyanto mengatakan, penanaman mangrove bukti kepedulian terhadap lingkungan yang bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila dan HUT Kodam I Bukit Barisan.

Beberapa waktu lalu, pihaknya juga telah menanam pohon di sepanjang pesisir pantai Pariaman, dan saat ini ikut merehabilitasi hutan mangrove.

"Ketika kita menjaga alam dan lingkungan, maka alam dan lingkungan juga akan menjaga kita. Karena itu, kami di Kodim 0308 Pariaman selalu berupaya untuk menjaga alam kita agar tetap lestari," tegasnya. (Juned/OLP)