Luncurkan DIGI, Warga Pariaman Bisa Urus Kependudukan Online

Pariaman - Dalam meningkatkan layananan administrasi kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kota Pariaman berikan kemudahan untuk masyarakat.

Layanan tersebut bisa secara langsung datang ke kantor dinas, maupun pelayanan oleh dinas yang langsung turun ke lapangan. Dan pada Juni ini, Disdukcapil akan ada pelayanan mobile.

"Berbagai macam upaya kami permudah dalam pelayanan dan memfasilitasi masyarakat," kata Plt Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi Kependudukan dan Pemanfaatan Data Disdukcapil, Fauzan, Rabu (26/6).

Fauzan menjelaskan bahwa pelayanan mobile sendiri dinamakan Dukcapil Dilayani Dengan Genius (DIGI) mobile. Pelayanan mobile merupakan layanan pengurusan administrasi kependudukan online yang guna mempermudah masyarakat dalam pembuatan Kartu Tanda Penduduk Elektronik (KTP-el), Kartu Keluarga (KK), Akte Kelahiran, Akte Kematian dan pengurusan lainnya.

"Selain itu masyarakat tidak perlu lagi datang ke kantor. Cukup dengan menggunakan aplikasi pelayanan tersebut," ujarnya.

Dalam aplikasi pelayanan berisi Cek Stock Blangko KTP, Cek Status Cetak KTP, Pengaduan (SAMARA), Akte Kelahiran, Akte Kematian, Perubahan Kartu Keluarga, Pindah Domisili, Indeks Kepuasan Masyarakat (IKM), Anggota Kartu Keluarga, dan Histori Pelayanan.

Karena aplikasi pelayanan tersebut tergolong baru bagi masyarakat, kata dia, sampai sekarang belum ada masyarakat yang menggunakannya.

"Namun kami sudah menginformasikan lewat media sosial, radio maupun brosur yang diberikan kepada masyarakat yang datang ke kantor langsung," tuturnya.

Ia berharap aplikasi DIGI nantinya akan membantu dan mempermudah masyarakarat dalam pengurusan dan pengambilan dokumen administrasi kependudukan masyarakat. DIGI dapat didownload di playstore menggunakan perangkat android. (Rika/*)