Gandeng Kesyahbandaran Genius Uji Kelaikan Kapal Wisata Pulau

Foto: Nanda
Pariaman - Kesyahbandaran dan Otoritas Pelabuhan (KSOP) Kelas II Teluk Bayur Padang, memeriksa 32 kapal penyeberang wisata pulau di Kota Pariaman.

Pemeriksaan itu dilakukan di Dermaga Muaro Pantai Gondoriah, Sabtu (1/6). Hingga sore ini, belasan kapal wisata telah selesai diperiksa.

Walikota Pariaman, Genius Umar, mengatakan pemeriksaan itu guna memastikan keamanan dan kelaikan kapal wisata yang melayani wisatawan ke berbagai pulau di Kota Pariaman.

"Kita perlu memastikan semua kapal yang beroperasi dalam kondisi laik dan lengkap administrasi dan terjamin keamanannya," katanya usai meninjau proses pemeriksaan kapal wisata.

Pemeriksaan meliputi ukuran kapal, alat kelengkapan keselamatan kapal, kapasitas penumpang dan kondisi mesin kapal.

"Pemeriksaan akan diupayakan selesai pada sore ini. Selanjutnya hasil pemeriksaan akan diterbitkan pada Senin 3 Juni 2019 mendatang. Bagi kapal yang laik, akan dikeluarkan izin beroperasi. Bagi yang tidak laik, tidak diterbitkan izin beroperasi," lanjut dia.

Ia menegaskan jika kapal yang tidak memiliki izin tidak diperbolehkan beroperasi. Jika ada yang nekat melanggar akan dilakukan penindakan oleh aparat hukum.

Sementara itu, Wakapolres Pariaman, Kompol Albert Zai S, mengatakan, Polres Pariaman akan melakukan checking akhir pada hari Senin 3 Juni 2019. Polres Pariaman akan memberikan perintah mutlak agar kapal tidak beroperasi jika tidak dalam kondisi tidak laik.

"Dan kondisi cuaca yang membahayakan penyeberangan kita juga larang, kondisi boleh berjalayar atau tidak nanti ditegaskan oleh BPBD," tandasnya. (Nanda)