Dihadiri Danlantamal, Genius Resmi Buka Iven Festival Gandoriah

Foto: Nanda
Pariaman - Festival Pesona Gondariah tahun 2019 hari ini, Sabtu (29/6) siang resmi dibuka. Iven tahunan itu dibuka Walikota Pariaman, Genius Umar.

Turut hadir Komandan Lantamal II Padang, Laksamana Muda TNI Agus Sulaeman, unsur Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pariaman

Di hari pertama, digelar perlombaan memasak sate dan kelapa muda yang diikuti oleh pedagang sate di Kota Pariaman dan Kabupaten Padangpariaman.

Malam harinya dilanjutkan dengan lomba kesenian randai. Kemudian pada esok harinya digelar lomba band fiesta, lomba nyanyi minang, beruk panjat kelapa, dan lomba foto destinasi wisata.

"Kami menampilkan banyak kebudayaan dan permainan anak nagari dalam festival ini," kata Walikota Pariaman Genius Umar.

Iven wisata tahunan yang diselenggarakan semenjak 2015 tersebut, lanjut dia telah berhasil mendongkrak kunjungan wisata ke Pariaman.

"Iven wisata tepat untuk mempromosikan pariwisata Kota Pariaman. Dengan iven yang ada, wisatawan datang dan mengenal lebih luas wisata di Kota Pariaman," lanjutnya.

Genius menuturkan akan banyak iven wisata lainnya dalam kalender wisata Pariaman.

"Pesta Pantai yang baru saja usai beberapa pekan lalu, ke depannya ada Pesta Budaya Tabuik, dan Pariaman Triathlon," pungkasnya. (OLP)