Forum Anak Dukung Padangpariaman Raih Predikat Kabupaten Layak Anak

Ketua Forum Anak Padangpariaman Adrian bersama anggota didampingi Kabid Perlindugan Anak Arosi Febri Yenti di Sekretariat Forum Anak di Pariaman, Minggu (19/5). Foto: istimewa
Pariaman - Ketua Forum Anak Padangpariaman, Adrian mendukung penuh target Padangpariaman untuk meraih Kabupaten Layak Anak Tahun 2019. Ia menilai Padangpariaman telah terbukti melakukan persiapan yang matang dari mulai dari sumber daya manusia, sarana dan prasarana maupun dukungan dari anggaran.

"Alhamdulillah, forum anak telah memiliki sekretariat yang representatif yang disediakan Dinsos-P3A. Kita difasilitasi dalam berkreasi menghias sekretariat supaya lebih menarik," ujar Adrian.

Forum anak, lanjut Adrian, juga dilibatkan dalam musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) yang dihadiri oleh bupati, wakil bupati, Forkopimda, kepala OPD, camat, walinagari dan stakeholders lainnya.

Pada kesempatan itu ia bersama rekannya mendapatkan pengalaman yang luar biasa dan juga menyampaikan aspirasi mewakili anak-anak Padangpariaman.

"Forum anak telah dilibatkan dalam perencanaan dan pembangunan, ini sangat positif. Saya juga ajukan usulan-usulan dari forum anak untuk ditindaklanjuti oleh instansi terkait," ujar siswa SMA 1 Lubuk Alung itu.

Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan, Hendra Aswara mengatakan, untuk mendukung menuju Kabupaten Layak Anak, pihaknya telah melakukan serangkaian kegiatan yang mendukungan indikator Kabupaten Layak Anak tersebut.

Pihaknya juga telah membentuk Forum Anak tingkat kecamatan hingga ke tingkat nagari. Hendra Aswara menjelaskan, dukungan untuk Padangpariaman menuju Kabupaten Layak Anak, semua fasilitas telah mulai disediakan. 2018 lalu, pembangunan infrastruktur berbasis anak telah dilaksanakan, sekolah ramah anak hingga perpustakaan ramah anak.

“Contoh pembangunan IPAL yang berada di Sicincin, kita sudah buat yang paling bagus di Sumatera Barat. Sekolah ramah anak di SMP Negeri 1 dan SMP Negeri 2 Sintuak Toboh Gadang,” tutur Kadis termuda itu. (Tim)