Cegah Curanmor dan Petasan, Pol PP Pariaman Siagakan Petugas di Masjid

Foto: istimewa
Pariaman - Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, menempatkan dua orang personil di setiap masjid untuk menjaga keamanan dan kekhusu'an warganya melaksanakan salat isya dan tarawih berjemaah selama bulan Ramadhan.

"Kita tempatkan 2 orang personil di 35 masjid di Kota Pariaman agar warga kita yang melaksanakan salat isya dan tarawih berjemaah di masjid bisa lebih khusu'. Tidak terganggu," kata Kepala Dinas Satuan Polisi Pamong Praja dan Pemadam Kebakaran Kota Pariaman, Elfis Candra di Pariaman, Selasa (14/5).

Dua orang personil yang ditempatkan di tiap masjid ditugaskan mengamankan kendaraan jamaah masjid guna mencegah terjadinya aksi pencurian sepeda motor oleh pelaku kejahatan.

Personil Satpol PP juga ditugaskan untuk menghentikan kegiatan atau aktivitas diluar masjid yang menganggu kekhusu'an jamaah saat salat.

"Kadang ada anak-anak yang bermain petasan di halaman masjid. Itu juga kita tertibkan. Anak-anak yang bermain di luar, kita suruh untuk salat di masjid," imbuh mantan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kota Pariaman itu.

Pengamanan dilakukan sejak awal pelaksanakan salat tarawih atau Minggu (5/5) silam, hingga pelaksanaan malam takbiran.

Elfis di samping itu juga mengimbau warga yang meninggalkan rumah saat salat berjemaah di masjid, memastikan rumahnya dalam kondisi terkunci.

"Pastikan kompor tidak dalam kondisi masih menyala, sambungan listrik yang tidak digunakan dimatikan untuk memininalisir terjadinya kebakaran," pungkasnya. (Nanda)