Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Unik dan Meriah, TPS 02 Pungguang Ladiang KPPS-nya Berbaju Pengantin

17 April 2019 | 17.4.19 WIB Last Updated 2019-04-17T12:35:53Z
Foto: Nanda
Pariaman - Banyak cara yang dilakukan untuk menarik perhatian pemilih agar datang ke Tempat Pemungutan Suara (TPS) pada pemilu serentak tahun 2019. Seperti halnya yang dilakukan Kelompok Penyelenggara Pemungutan Suara (KPPS) di TPS 02 Desa Pungguang Ladiang, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman.

Di sana, KPPS mendekorasi TPS dengan ornamen pesta pernikahan khas Minangkabau. Dinding-dinding pembatas TPS dipasangi tirai bewarna merah. Meriah, itulah gambaran di TPS ini.

Pemilih yang datang ke TPS, dilayani oleh petugas KPPS yang berpakaian pengantin. Petugas KPPS laki-laki menggunakan baju gadang basiba lengkap dengan saluak atau deta sebagai penutup kepala dan karih (keris). 

Sementara petugas KPPS perempuan menggunakan baju kuruang khas anak daro, kodek untuk bawahan dan lengkap dengan suntiang.

Ketua KPPS 02 Desa Pungguang Ladiang, Dasril, menuturkan pemilu merupakan pesta rakyat, sehingga pelaksanaannya juga harus dilaksanakan dengan meriah.

"Pemilu adalah pesta, begitu pula dengan pemilu harus dimeriahkan," kata Dasril.

Selain itu, dekorasi di TPS juga untuk menarik datang ke TPS menggunakan hak pilih pada pemungutan dan penghitungan suara pemilu tahun 2019.

"Menurut kami, cara ini bisa menarik perhatian pemilih untuk datang ke TPS," katanya.

Di TPS ini, tercatat 245 pemilih terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Dari pendaftaran, terlihat pemilih antusias menggunakan hak pilih.

Walikota Pariaman, Genius Umar, menyebut TPS 02 Desa Pungguang Ladiang sangat unik. TPS ini mengangkat kearifan lokal dengan menggunakan ornamen khas pesta pernikahan Minangkabau.

Dekorasi TPS unik akan membuat pemilih rileks dan gembira saat datang ke TPS. Hal itu sedikitnya menghilangkan suasana tegang menunggu hasil penghitungan suara.

"Ini perlu diberi hadiah, ini sangat unik sekali," tandasnya. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update