Selain Berikan Hak Pilih, Mardison Juga Pantau Pelaksanaan Pilkades Serentak

Foto: Nanda
Pariaman - Wakil Walikota Pariaman, Mardison Mahyuddin menggunakan hak pilihnya dalam pemilihan kepala desa serentak Kota Pariaman tahun 2019.

Mardison bersama istri, Indriati Mardison tercatat sebagai pemilih Pilkades Kampung Baru, Kecamatan Pariaman Tengah.

Keduanya menggunakan hak pilih di TPS 01 Desa Kampung Baru. Mardison juga melakukan peninjauan pemungutan suara pilkades serentak di beberapa desa di Kecamatan Pariaman Tengah.

Dalam kesempatan itu, Mardison mengisyaratkan beberapa kriteria kepala desa yang harus diperhatikan pemilih sebelum menggunakan hak pilih.

Kriteri itu, menurut Mardison, antara lain enerjik, cakap manajemen organisasi pemerintahan, demokratis dan memiliki kesamaan visi dan misi dengan Pemerintah Kota Pariaman.

"Yang jelas kepala desa harus paham dengan manajemen pemerintahan dan bisa bermasyarakat. Kebijakan yang dibuat, dirumuskan bersama sesuai dengan kebutuhan masyarakat," katanya.

Mardison juga menyoroti partisipasi yang turun dibandingkan partisipasi pemilih pada pemilu serentak 2019 pada 17 April 2019 silam. 

"Penyelenggaraan pilkades berjalan aman, tertib dan lancar. Namun partisipasi tidak setinggi pemilu serentak kemaren. Karena bersamaan banyak anak-anak dan mahasiswa sedang ujian di kampus," katanya.

Mardison mengimbau masyarakat mendukung kepala desa yang terpilih pada pilkades hari ini. Ia juga meminta agar masyarakat desa ikut menyampaikan ide dan gagasan membangun desa. (Nanda)