Segera Jangkau Seluruh Sekolah, Aplikasi Padu-PNS Padangpariaman Satukan 17 Kecamatan dan 25 Puskesmas

Suasana hearing antara Diskominfo Pasaman Barat dengan Padangpariaman. Foto: ZK
Paritmalintang - Akselerasi teknologi informasi kabupaten Padangpariaman mulai dilirik daerah lain. Sebagaimana kunjungan studi tiru Kepala Dinas Kominfo Pasaman Barat bersama jajarannya ke Dinas Kominfo Padangpariaman.

Kunjungan tersebut diterima lansung oleh Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman, Zahirman beserta Kabid Teknologi Informatika Komputer Romiwan Cahyadi dan staf, Selasa (23/4) di ruang Data Centre.

Kadis Kominfo Pasaman Barat, Dalpesri Bahar mengatakan pihaknya mengunjungi Padangpariaman untuk meniru dan belajar membangun jaringan internet yang terkoneksi. Di samping juga melihat pengelolaan data centre dan perkembangan Information Technology (IT) di Padangpariaman. Pihaknya memilih Padangpariaman sebagai tempat belajar karena daerah itu selangkah lebih maju IT nya, dan juga telah terpilih sebagai pilot project Gerakan 100 Smartcity Indonesia.

"Untuk lebih jauh kami akan tindak lanjuti kerjasama daerah dalam bentuk MoU, agar bisa lebih banyak mengadopsi kemajuan teknologi informasi Padangpariaman," kata Dalpesri.

Kepala Dinas Kominfo Padangpariaman, Zahirman, mengungkapkan sebuah kehormatan karena dijadikan tempat studi tiru bagi daerah lain dalam pengembangan IT.

"Tentu hal ini memacu semangat kita untuk menjadi lebih baik dan maju di bidang IT. Apalagi Padangpariaman telah dipilih oleh Kementerian Kominfo dalam Program Gerakan 100 Smartcity Indonesia," sebut Zahirman.

Zahirman mengungkapkan jaringan internet di Padangpariaman telah terkoneksi dengan kabel fiber optic pada semua SKPD, kecamatan, puskesmas dan sebagian nagari.

"Pada tahun 2019 ini akan disambung jaringan ini pada seluruh sekolah. Ini sejalan dengan perintah Bupati Ali Mukhni untuk mensukseskan pelaksanaan Ujian Nasional Berbasiskan Komputer (UNBK)," sambungnya.

Pengelolaan jaringan internet di lingkungan Pemerintah Kabupaten Padangpariaman berada pada sebuah ruangan Network Operation Centre (NOC). Pengoperasiannya menggunakan aplikasi Pelayanan Terpadu Pemantau Network Sistem (PADU PNS).

Sistem tersebut merupakan sebuah inovasi Diskominfo yang pertama di Sumatera Barat. Dengan aplikasi PADU PNS, akan terpantau semua masalah dan pemakaian internet di 26 SKPD, 17 kecamatan dan 25 puskesmas.

Disamping mempelajari pembangunan jaringan internet terkoneksi, rombongan Diskominfo Pasaman Barat juga melihat ruangan NOC dan ruang data centre. Dalam kunjunganya tersebut terlihat anggota rombongan cukup puas dan ingin segera mengaplikasikan model yang telah dibuat oleh Kominfo Padangpariaman di daerahnya. (Tim)