Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Bawaslu Imbau Kepala Daerah Tak Intervensi Pilihan ASN Pada Capres Tertentu

11 April 2019 | 11.4.19 WIB Last Updated 2019-04-11T12:17:03Z
Foto: Nanda
Pariaman - Koordinator Divisi Hukum, Data dan Informasi Bawaslu Sumatera Barat, Nurhaida Yetti mengimbau agar kepala daerah tidak menggerakan ASN untuk mendukung pasangan calon presiden dan wakil presiden, serta peserta pemilu lainnya.

"Kepala daerah ikut berkampanye tidak masalah, asalkan dalam kondisi cuti. Yang tidak boleh adalah intervensi terhadap ASN atau menggunakan birokrasi untuk mendulang suara," katanya di Kota Pariaman, Kamis (11/4) siang.

Ia mengatakan belum menerima laporan tentang adanya kepala daerah di Sumatera Barat yang mengintervensi birokasi dan ASN untuk mendukung peserta pemilu tertentu.

"Belum ada laporan ataupun temuan seperti itu," ujarnya.

Nurhaida mengatakan netralitas rawan dilanggar oleh ASN dalam pemilu. Sikap tidak netral ASN bisa saja bukan disebabkan keinginan diri sendiri. Bisa ASN tidak netral karena adanya intervensi dari kepala daerah.

Mencegah terjadinya pelanggaran netralitas, jajaran Bawaslu di Sumatera Barat masif melakukan sosialisasi tentang netralitas ASN. Selain sosialisasi, koordinasi dengan pejabat pembinaan kepegawaian dan kepala daerah juga dilakukan, agar ASN ditekan untuk netral dalam pemilu.

"Makanya kita terus mengkampanyekan ASN harus netral dalam pemilu," pungkas dia. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update