Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

32 Desa Gelar Pilkades, Efendi Jamal: Panitia dan Penyelenggara Harus Netral

28 April 2019 | 28.4.19 WIB Last Updated 2019-04-28T05:03:05Z
Kepala DPMDes Kota Pariaman, Efendi Jamal. Foto: Desi
Pariaman - Pesta demokrasi pemilihan kepala desa serentak pertama Kota Pariaman akan digelar hari ini, Minggu (28/4). Berbagai persiapan telah dilakukan sesuai tahapan yang telah ditetapkan.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMDes), Efendi Jamal mengatakan bahwa ada 11 tahapan yang harus dilalui oleh seluruh calon kepala desa untuk menuju tampuk pimpinan di desa mereka masing-masing.

Tahapan tersebut mulai dari pengumuman tahapan Pilkades, pengadministrasian, menerima dan mengajukan pemberian tanggapan keberatan, administrasi pendataan pemilih, pengundian nomor urut calon kepala desa, penyampaian surat panggilan memilih, serta kampanye dari masing-masing pasangan calon dan pemungutan suara.

Ada 32 desa yang mengikuti Pilkades serentak dari 55 desa yang tersebar di Kota Pariaman. Jumlah calon sebanyak 115 orang yang terdiri dari 111 orang laki-laki dan 4 orang perempuan.

"Sedangkan untuk Tempat Pemungutan Suara (TPS) berjumlah sebanyak 71 TPS dengan jumlah pemilih keseluruhannya yang terdata dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) sebanyak 27.019 orang,” ungkap Efendi Jamal.

Ia menyebut semua logistik telah disiapkan dan diantar ke masing-masing TPS. Kantor desa yang menggelar Pilkades juga dijaga oleh polisi dan dubalang.

Efendi Jamal bilang, TPS dibuka mulai pukul 06.00 WIB dan akan ditutup pada pukul 13.00. Setelah itu baru pihak penyelenggara mengadakan penghitungan suara dan hasilnya nanti akan dikirim ke kecamatan.

"Kita berharap Pilkades Serentak berjalan dengan lancar dan aman, kemudian untuk panitia dan penyelenggara harus bersikap profesional dengan tidak memihak kepada salah satu pasangan calon, dan menjalankan tugas sesuai dengan tupoksi masing-masing baik pengawas, maupun P2KD-nya demi terlaksananya pemilihan yang jujur dan adil," pungkas mantan Kepala Dinas Pariwisata Pariaman itu. (Desi/*)
×
Berita Terbaru Update