Genius Imbau Tenaga Pendidik Agar Mampu Bangkitkan Percaya Diri Murid

Foto: Junaidi
Pariaman - Walikota Pariaman, Genius Umar meminta para pendidik dan pengelola anak usia dini agar bisa membangkitkan kepercayaan diri anak hingga mereka berani tampil berbicara di depan rekan-rekannya.

Untuk membentuk karakter kata dia, dimulai dari usia dini. Karena itu perlu peran dari guru dan tenaga kependidikan anak usia dini menanamkan karakter yang baik kepada anak didiknya.

"Guru mulai dari taman bermain sampai guru taman kanak-kanak harus bisa menjadi tauladan sekaligus mengajarkan etika dan membentuk karakter murid. Sehingga karakter yang telah diterima sejak kecil akan terus melekat sampai ia dewasa," kata Genius Umar di Pariaman, Senin (25/3).

Kepribadian dan karakter merupakan stabilizer atau penyeimbang dalam menerima setiap keadaan yang diterima anak didik. Dengan keseimbangan itu, murid bisa mengontrol dan memahami apa yang terbaik bagi dirinya.

Genius juga mengimbau agar guru dan tenaga kependidikan anak usia dini, bersama-sama dengan pemerintah dalam mewujudkan pemerintahan yang baik dalam membentuk karakter generasi muda.

"Pemerintah Kota Pariaman akan memberikan apresiasi terhadap GTK Paud & Dikmas yang berprestasi dan berdedikasi. Yang terbaik nanti akan dikirim ke tingkat provinsi hingga tingkat nasonal," sebutnya.

Kepala Dinas Pendidikan Kota Pariaman, Kanderi mengatakan, Apresiasi GTK Paud dan Pendidikan Masyarakat diadakan selama 4 hari ke depan dari tanggal 25 hingga 28 Maret 2019 .

"Kita setiap tahun menggelar penilaian terhadap GTK Paud dan Dikmas Kota Pariaman, di mana yang terbaik nanti akan kita kirim ke tingkat Provinsi Sumbar, sampai tingkat nasional," kata dia.

Acara diikuti oleh 60 GTK Paud dan Dikmas, untuk memilih tiga orang terbaik. Peserta terbaik akan menerima reward dari Pemko Pariaman. (Juned)