Notification

×

Iklan

Iklan

Indeks Berita

Tag Terpopuler

Peringati HGN Ke-59, Menkes Gelar Video Conference dengan Ali Mukhni

24 Januari 2019 | 24.1.19 WIB Last Updated 2019-01-24T14:28:28Z
Panitia tengah mempersiapkan video conference dengan Menkes yang akan dilaksanakan esok Jumat. Foto: Andri
Parit Malintang - Bupati Padangpariaman Ali Mukhni dijadwalkan akan melakukan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, besok, 25 Januari atau hari Jumat.

Video conference dilaksanakan di puncak peringatan Hari Gizi Nasional (HGN) ke-59 pada dua tempat secara bersamaan. Bupati Ali Mukhni berada di Puskesmas Gasan Gadang Kecamatan Batang Gasan, sementara Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat di ruang Siwabessy Kementerian Kesehatan, Jakarta. Tema pembicaraan dalam video conference adalah tentang intervensi dan inovasi program gizi yang dilakukan berdasarkan hasil surveilans gizi.

Direktur Gizi Masyarakat Kemenkes, Doddy Izwardy menjelaskan bahwa pemilihan lokasi video conference di Padangpariaman disebabkan upaya intervensi Pemkab Padangpariaman terhadap peningkatan gizi masyarakat dinilai melebihi kabupaten/kota lain di Indonesia.

Menurut Kemenkes, upaya intervensi dan inovasi program gizi di Kabupaten Padangpariaman luarbiasa, sehingga pihak Kemenkes ingin mendengar langsung dari Bupati Padangpariaman melalui video conference.

Salah satu program inovasi gizi yang mendapat respon positif dari Kemenkes adalah pembentukan kader Laskar Nagari Peduli Gizi (LNPG). Kader LNPG tersebut ikut serta dalam upaya perbaikan gizi masyarakat.

Kader LNPG dilatih mengenal, memahami dan menguasai materi tentang gizi kemudian bertanggung jawab memantau secara intensif gizi balita dan baduta (bayi dua tahun) di nagarinya masing-masing serta juga mengedukasi ibu hamil dari awal kehamilan hingga anak usia dua tahun sebagai upaya pencegahan stunting.

Selain kader LNPG, pemilihan lokasi di Kecamatan Batang Gasan karena beberapa Ahli Gizi Nusantara Sehat dari Kemenkes juga ditempatkan di Kecamatan Batang Gasan.

Bupati Ali Mukhni membenarkan bahwa besok Jumat akan dilaksanakan video conference dengan Menteri Kesehatan dan Tim Nusantara Sehat dalam rangka memepringati Hari Gizi Nasional ke-59.

Ia berterimakasih kepada Kementerian Kesehatan yang telah menunjuk dan memilih Padangpariaman sebagai lokasi vidio conference Hari Gizi Nasional ke-59. Ia telah lama mendukung penuh upaya pemerintah memberikan layanan terbaik untuk meningkatkan gizi masyarakat.

Kegiatan surveilans gizi, sambung Ali Mukhni, diintervensi dengan baik oleh jajaran Dinas Kesehatan, petugas gizi, Dokter Nusantara Sehat dan kader LNPG serta diperkuat dengan penerapan aplikasi e-PPGBM.

"Harapan saya, kiranya peringatan Hari Gizi Nasional dapat menghasilkan komitmen dan kolaborasi seluruh elemen bangsa untuk bekerja bersama mencegah stunting demi mencapai masyarakat Padangpariaman sehat dan sejahtera," kata Ali Mukhni. (Nanda)
×
Berita Terbaru Update